METROKalteng.com
NEWS TICKER

Kapolsek Bukit Batu Hadiri Kegiatan Ritual Mamapas Lewu Masyarakat Bukit Batu Di TWA Batu Banama

Thursday, 7 January 2021 | 8:36 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 32

Palangka Raya, (METROKalteng.com) – Masyarakat Bukit Batu melaksanakan ritual Acara Mamapas Lewu, yaitu ritual untuk membersihkan wilayah kampung dengan tujuan untuk menolak bala setelah terjadinya musibah yang di alami oleh Alm. Yongki Asto Prayogi. Kegiatan ritual Mamapas Lewu tersebut dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Banama Jalan Tjilik Riwut Km. 35 Kelurahan Tangkiling, Kota Palangka Raya yang disertai dengan Tabur Bunga di lokasi penemuan jenazah Yongki Asto Prayogi, Rabu (6/1/2021).

Kegiatan ritual yang dipandu oleh Sesepuh / Ketua Pokdarwis Batu Banama, Yudi Untung dan turut dihadiri oleh Kapolsek Bukit Batu, Iptu Muludin S.Sos, Kanit Reskrim Polsek Bukit Batu Aiptu Narko, Camat Bukit Batu Hendrikus Budi,M.Ap. Keluarga dari Almarhum Yongki Asto Prayogi, Keluarga besar PUPR Provinsi Kalteng, Mapala Dozer PU Prov Kalteng, dan Komunitas Mapala Kelompok Sadar wisata ( Pokdarwis ) Batu Banama-Tangkiling.

Kapolsek Bukit Batu, Muludin menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut dalam rangka Membersihkan kampung atau menolak bala (bencana) dan mara bahaya setelah terjadinya musibah yang menewaskan Yongki Asto Prayogi.

“Ritual Mamapas Lewu atau menolak bala bagi masyarakat Dayak sendiri merupakan sebuah hubungan harmonisasi terhadap alam semesta, serta merupakan bagian dari sebuah kearifan lokal di dalam kehidupan masyarakat Dayak Kalimantan Tengah, di dalam ritual tersebut juga ada hikmah dan pembelajaran yang dapat kita petik yaitu bagaimana kita hidup dapat selaras dan meyakini adanya sang Pencipta yang mengatur kehidupan seluruh manusia. Ritual Mamapas Lewu sendiri biasanya diisi dengan Haraoan dan Doa-doa kebaikan,” tandasnya.

Sementara pada kesempatan yang sama keluarga Almarhum Yongki Asto Prayogi mengucapkan syukur kepada Tuhan YME karena Jenazah korban dapat ditemukan dan mengucapkan terimakasih kepada pihak Polresta Palangka Raya, Kapolsek Bukit Batu,Tim SAR, Kecamatan Bukit Batu, Mapala, Masyarakat serta seluruh pihak yang turut serta membantu selama masa pencarian.

Diakhir kegiatan, Muludin menyampaikan imbauan Kamtibmas kepada seluruh warga serta berpesan apabila mengetahui atau mengalami gangguan Kamtibmas untuk segera melapor ke Kantor Polisi terdekat. (Margareth)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889