METROKalteng.com
NEWS TICKER

Anggota DPRD Barut Ingatkan Warga Bermukim Di Dataran Rendah Agar Waspada Bencana Banjir

Tuesday, 9 April 2024 | 5:31 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 0

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut), Riza Faisal ingatkan kepada seluruh warga masyarakat di daerah setempat khususnya yang tinggal di bantaran Daerah Aliaran Sungai (DAS) Barito untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana adanya musibah banjir.

“Kita ketahui pada saat ini wilayah Kabupaten Barut memasuki musim penghujan, dan sungai di DAS Barito dalam keadaan naik. Saya berharap di akhir bulan suci ramadhan ini daerah kiya Barito tidak dilanda bencana banjir, dan masyarakat bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024,” kata Riza Faisal di Muara Teweh, Selasa (9/4/2024).

Riza, berharap agar koordinasi kinerja bersama instansi terkait dalam mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Barut.

Seelanjutnya memaksimalkan fungsi lembaga yang sudah ada seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), juga perlu upaya preventif seperti sosialisasi kepada warga masyarakat secara langsung atau door to door.

Anggota DPRD dari Partai Demokrat Barut ini juga menuturkan bahwa daerah ini memang sangat besar potensi kekayaan alamnya, seperti pertambangan, perkebunan, dan lain-lainnya. Namun dari sisi negatifnya juga termasuk daerah rawan bencana salah satunya bencana banjir.

‚ÄúSeperti halnya bencana kebakaran lahan dan rumah, bencana banjir seperti tingginya curah hujan sehingga meluapnya Sungai Barito, dan juga bencana tanah longsor sudah sangat sering dan kerap terjadi di setiap tahunnya,” ingkapnya. .

Selain selalu waspada terhadap banjir, dia juga berharap kepada warga masyarakat di daerah ini agar selalu waspada terhadap api, karena api salah satu faktor terjadinya bencana kebakaran, apa lagi di Kabupaten Barut ini baru baru kemarin terjadinya kebakaran di Rt 01, Desa Pendreh Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barut.

“Walaupun terjadi kebakaran seperti yang di Desa Pendreh saya berharap agar warga secepatnya bisa melaporkan atau menghubungi kepada dinas terkait seperti pemadam kebakaran dan BPBD setempat, agar bencana kebakaran bisa segera ditanggulangi,” kata Riza Faisal.

Sesuai dengan pantauan lapangan pada Selasa tanggal 9 April 2024, beberapa jalan dalam kota sudah mulai terendam banjir seperti di Water Front City (WFC) Jalan Panglima Batur, Jalan Merak, Jalan Imam Bonjol, Jalan Dahlia dan di Jalan Flores dan lainnya.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889