METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pemkab Barsel Antisipasi Tingginya Angka Pengangguran Setiap Tahunnya

Wednesday, 21 April 2021 | 8:02 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 93

Buntok, (METROKalteng.com) – Meningkatnya angka pengangguran selain dipicu karena banyaknya lulusan sekolah dan perguruan tinggi yang bersaing dalam mencari kerja, juga tak lain karena minimnya lapangan pekerjaan itu sendiri.

Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri ST, kepada wartawan Rabu, (21-April-2021) mengatakan, bahwa langkah antisipasi untuk menekan tingginya angka pengangguran di wilayah yang mempunyai semboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus itu adalah adanya kerjasama antara pihak perusahaan yang ada di daerah itu dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini Disnakertrans.

“Kerjasama yang dimaksud dalam artian bagaimana caranya supaya perusahaan yang sedang mencari atau memerlukan karyawan bisa melaporkan kepada pihak kami,” jelasnya.

Apabila pihak perusahaan melaporkan bahwa sedang mencari karyawan, maka Disnakertrans bisa segera menyampaikan informasi terkait lowongan pekerjaan (loker) itu kepada masyarakat.

Sebab kata Bupati, sesuai Peraturan Presiden (Perpres), apabila perusahaan melaporkan kepada pemerintah maka yang tercover di AK 1 bisa diverifikasi untuk masuk ke perusahaan yang membuka loker tersebut.

“Jadi setiap perusahaan harus melaporkan kalau sedang membuka loker ke Disnakertrans. Selanjutnya akan diinformasikan pada para pencari kerja (pencaker),” terang orang nomor satu di jajaran Pemkab Barsel itu.

Menurut Eddy Raya Samsuri, dengan cara bekerjasama dengan pihak ke tiga, itu salah satu upaya Pemda dalam menekan angka pengangguran di Barsel supaya tidak semakin bertambah.”Pastinya angka pengangguran di Barsel setiap tahunnya, terus kita tekan semaksimal mungkin,” tegas Bupati. (VG)

Copyright© PT. Metro Kalteng Persada ( METROKalteng.com ) 2021