METROKalteng.com
NEWS TICKER

Sekda Mura Pimpin Rapat Bersama PT PLN Persero ULP Puruk Cahu Terkait Rencana Listtrik Masuk Desa

Tuesday, 18 January 2022 | 4:28 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 19

Puruk Cahu, (METROKalteng com) – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Penkab-Mura) menggelar kegiatan rapat bersama dengan pihak PT PLN Persero, ULP Puruk Cahu terkait dengan rencana listtrik masuk Desa. Kegiatan rapat difokuskan bertempat di aula A kantor Bupati, Selasa (18/1/2022) di Puruk Cahu.

Sekertaris Daerah Murung Raya (Sekda-Mura), Hermon secara langsung memimpin jalannya rapat tersebut dan turut hadir Manager PT PLN Persero ULP Puruk Cahu, Galih Wicaksono Triyogi dan juga Dinas terkait di lingkup Pemkab Mura.

Dalam sambutannya, Sekertaris Daerah Hermon menyampaikan rasa terima kasih atas hubungan kerjasama yang telah berlangsung antara pemerintah Daerah Murung Raya dengan pihak PT PLN Persero ULP Puruk Cahu.

“Untuk itu, kami ucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan kepada Pemerintah Murung Raya yang selama ini telah ikut andil dalam membantu mensejahterakan masyarakat, khususnya wilayah dibeberapa desa yang masih belum terali listrik,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa pihak PLN telah melakukan koordinasi dengan pihak UP2K PT. PLN Provinsi Kalimantan Tengah dan mendapatkan apresiasi terhadap pembangunan kelistrikan di Mura termasuk rencana kerja hingga tahun 2024 mendatang.

“Lantaran pada tahun 2022 ini kami tentunya menyambut baik rencana kerja untuk listrik di Mura dan nantinya akan kita sinkronkan dalam rangka dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan kedepannya terkait denga pemasangan jaringan listrik oleh PT PLN,” tandas Sekda Mura, Hermon.

Kegiatan yang dimaksudkan adalah, pertama adalah upaya sinkronisasi terhadap pembangunan jaringan baru dan daerah mana yang akan di bangun serta melihat struktur jaringan yang sudah ada, terutama jalan yang akan dilalui untuk pembangunan jaringan tersebut termasuk upaya maintenance untuk kedepannya.

Jaringan Listrik PT PLN Bakal Masuk Kesejumlah Desa Di Murung Raya
Manager PT PLN Persero ULP Puruk Cahu, Galih Wicaksono Triyogi dalam arahannya mengatakan, bahwa kelistrikan di Mura disuply dari satu gardu induk PLN yang berada di jalan desa Muara Untu.

“Dari Gardu induk yang berada di jalan Muara Untu tersebut di bagi ke masing-masing daerah dan untuk total instalasi PLN di Mura berjumlah sebanyak 22, 172 pelanggan,” tutur Galih.

Dikatakannya, bahwa untuk rencana masuknya listrik di sejumlah desa yang tersebar Kabupaten Mura tahun 2022 berdasarkan data perencanaan oleh PLN UP2K Kalteng terdapat 2 kecamatan yaitu Kecamatan Murung, meliputi Desa Dirung, Penyang, dan Malasan. Sedangkan untuk Kecamatan Permata Intan yakni, desa Muara Bakanon, Sungai Gula, Sungai Lobang, Sungai Batang, Tumbang Salio dan Desa Sei Bakanon,” ungkap Galih.

Diharapkan, pemerintah kabupaten Mura dapat menyiapkan akses jalan yang akan dibangun jaringan listrik menuju kesejumlah Desa yang bakal mendapat pasokan listrik dengan nyala 24 jam.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889