METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pelatihan Budidaya Karet Dalam Rangka Peningkatan Produksi Getah

Sunday, 24 April 2022 | 4:33 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 0

Puruk Cahu, (METROKalteng.com) – Telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Budidaya Karet dalam Rangka Peningkatan Produksi Getah, bertempat di gedung pertemuan Desa Tumbang Saan Kecamatan Sungai Babuat Kabupaten Murung Raya, Minggu (24/04/22).

Peserta kegiatan yang terlibat sebanyak 20 orang dari Desa Tumbang Saan dan 20 orang dari Desa Tumbang Apat. Para peserta pelatihan budidaya karet adalah para petani karet dari dua desa tsb yang sudah menjadi mitra usaha Koperasi Langan Poring Berjaya Kecamatan Sungai Babuat yang bekerja sama dengan PT. Indomuro Kencana Departement CSR melalui kegiatan “Bina Desa” program PT. IMK untuk masyarakat yang berada di areal lingkar tambang.

Menyikapi hal tersebut, Departement CSR melalui kegiatan Bina Desa Program PT. IMK, menggelar pelatihan manajemen tanaman budi daya karet bagi masyarakat petani yang ada di Kecamatan Sungai Babuat Kabupaten Murung Raya.

Materi pelatihan meliputi manajemen tanaman budi daya karet secara Teori dan Praktek Lapangan.

Departement CSR mengenai budidaya karet mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman budi daya tanaman karet yang benar kepada para petani, mulai dari pengelolaan membuka lahan hingga mengolah karet siap jual.

“Melalui pelatihan ini kita telah memberikan penyuluhan kepada petani tentang pengolahan lahan, penyadapan, penanganan hasil panen dan pemasarannya,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan tersebut diharapkan dapat membantu petani dalam teknis budi daya karet, utamanya dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi karet di Kabupaten Murung Raya, sekaligus menjadikan Bumi Bersujud sebagai penghasil karet terbesar di Kalimantan.

“Kami akan terus memberikan penyuluhan agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dengan menerapkan teknologi perkebunan yang baik dan efisien, dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan perekonomian petani karet di Sungai Babuat,” paparnya. (Jonda/Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889