METROKalteng.com
NEWS TICKER

Gagasan Kampung Berkah KODIM 1016/PLK Mendapat Dukungan Penuh Bupati Gumas

Wednesday, 8 December 2021 | 2:53 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 5

Gunung Mas, (METROKalteng.com) – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mendukung kegiatan pencanangnan Kampung Berkah di kelurahan Tampang Tumbang Anjir yang di gagas oleh Kodim 1016/PLK di beberapa wilayah Kabupaten Gunung. Acara peresmian Kampung Berkah dilaksanakan di kantor Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Rabu (08/12/2021).

Pencanangan Kampung Berkah di hadiri Kapolres Gunung Mas AKBP Irwansah, Pabung 1016 PLK, Mayor Inf. Idham Khalid, Asisten III Setda Gumas Yulius Agau, Camat Kurun Yuelis Untung, Lurah Tampang Tumbang Berjoaldi, Kapolsek Kurun Ipda Aditya Nugroho, Komandan Koramil 1016-06 Kurun Letda Inf Sutaji, Sekretaris Perikanan dan Ketahanan Pangan Kristening Natalia dan Sekretaris Pertanian Aprianto.

Dandim 1016/ Palangkaraya Kolonel Inf Rifki Yusup melalui Pabung 1016 Gunung Mas Mayor Inf Idham Khalid, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Bapak Ibu sekalian dan atas tempat yang disiapkan Bp. Lurah Tumbang Anjir, dan terima kasih pula kepada Bapak Bupati — dan rekan rekan Forkopimda telah mensuport kegiatan ini, sehingga perintah Kasad dan Danrem 102/Pjg untuk membuat Program unggulan berupa pembuatan Kampung Berkah bisa terwujud yang akan kita canangkan hari ini.

“Kampung Berkah (Bermartabat, elok, Religius, kuat, amanah dan Harmonis) ini senada dengan visi dan misi Pemkab Gunung Mas dibawah pimpinan Bapak Bupati Jaya S. Monong, SE.,Msi. menjadi salah satu tolak ukur dalam Rencana Pembangunan Kabupaten Gunung Mas yang mendapat julukan Kota Sinar (Kota Serasi, Indah, Nyaman, Aman, Ramah)”, ungkapnya.

Untuk mewujudkan perubahan menuju kampung/Kelurahan “Berkah” diperlukan kerja keras dan sinergi segenap komponen masyarakat, TNI /Polri maupun Pemerintah Kabupaten. Kodim 1016/Plk, Korem 102/Pjg dan jajaran sebagai Komando kewilayahan, merasa terpanggil untuk turut berkontribusi menuju perubahan. Hal tersebut didasari semangat mengamalkan delapan wajib
TNI, butir kedelapan yaitu senantiasa menjadi contoh dalam usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Implementasi dari hal tersebut Kodim 1016/Plk Korem 102/pjg dan jajarannya mencanangkan kampung ”Berkah” (Bermartabat, Elok,Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis ), jelasnya.

“Kampung Berkah ini tidak lepas dari peran TNI, forkompida, serta masyarakat. Diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut sehingga benar-benar menjadi kampung berkah untuk semuanya khususnya masyarakat sekitar”, pungkasnya.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menjelaskan, Terkait kampung berkah ini, untuk Camat, Lurah dan Perangkat Daerah terkait mendukung sepenuhnya kampung berkah ini agar betul betul menjadi berkah dan  menjadi berkat bagi masyarakat kita RT. 04 di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir ini, ucapnya.

“Program ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Gunung Mas yaitu Smart Agro pertanian yang cerdas pertanian dalam arti luas ada peternakan, perikanan, perkebunan”, ungkapnya.

Bupati mengungkapkan bahwa sudah meninjau kolam yang dibuat oleh warga RT 04 desain yang luar biasa, kolam tersebut dibuat pelampungnya ketika musim banjir, otomatis kolamnya naik, ikannya aman tidak keluar apabila musim banjir dan sayur sayurannya aman tidak terendam.

“Ini bentuk inovasi berkelanjutan. Kampung  Berkah Kodim 1016/PLK yang dicanangkan di RT 04 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir hari ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan untuk membangun Kabupaten Gunung Mas ini, Gunung Mas Sejahtera Bermartabat,” pungkasnya. ( DIDIK )

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889