METROKalteng.com
NEWS TICKER

Disbudparpora Barut Bentuk Tim Kelompok Sadar Wisata

Friday, 16 October 2020 | 1:56 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 53

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara (Disbudparpora-Barut) menggelar kegiatan sosialisasi terkait Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di wilayah Desa Trisning Kecamatan Teweh Selatan.

Kegiatan sosialisai Kelompok Sadar Wisata ini dilaksanakan di DAM Trinsing yang di ikuti sekitar 25 orang peserta berasal dari warga Desa Trinsing dan perwakilan warga Desa Trahean. Dan dihadiri Camat Teweh Selatan Agus Siswadi, kades Trinsing Heri Mansupadi, pejabat lingkup Disbudparora dan undangan lainnya.

“Dengan melalui kegiatan ini kita mengharapkan meningkatnya wawasan kepariwisataan warga yang tinggal di sekitar objek wisata DAM Trinsing dan Objek Wisata Bumi Perkemahan (Buper) Panglima Batur. Sehingga dapat diciptakan lingkungan dan suasana kondusif, perwujudan Sapta Pesona Pariwisata,” katanya Pelaksanan Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Budparpora) Hj Annisa Cahyawati saat sosialisasi Pokdarwis, Kamis (15/10/2020).

Dikatakannya, untuk mendorong berkembangnya kegiatan kepariwisataan yang memberikan multiplier effect bagi kegiatan perekonomian, serta untuk meningkatkan taraf hidup dan membantu menekan angka kemiskinan dalam rangka untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Untuk itu, kami sebagai selaku Dinas leading sektor dalam kepariwisataan sangat berterima kasih sekali kepada warga yang siap dan membantu mengembangkan kepariwisataan di wilayah pemukiman nya,” kata Kadis Butparpora Barut, Hj Anissa Cahyawati.

Ia menambahkan melalui kegiatan ini, telah resmi terbentuk dan dikukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Trinsing yang diberi nama “Pokdarwis Sopan Sei Trinsing” dengan jumlah pengurus 18 orang.

“Saya mengucapkan selamat bertugas kepada pengurus yang baru dikukuhkan dan saya juga berpesan agar melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” kata Plt Kadis Budparpora.

Usai pengukuhan Pokdarwis Sopan Sei Trinsing, Disbudparpora Kabupaten Barito Utara menyerahkan bantuan alat pendukung ekonomi kreatif kepada Pokdarwis Sopan Sei Trinsing. Ketua Pokdarwis Sopan Sei Trinsing Herlianto, Sekretaris Topiani dan Bendahara Epiana.

Terpisah, Kepala Desa Trinsing, Heri Mansupardi menandaskan, dirinya sangat berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga yang telah membentuk Pokdarwis Sopan Sei Trinsing dalam upaya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Kami ucapakan atas pengukuhan kelompok Pokdarwis Sei Sopan Trinsing dan penyerahan barang sarana usaha bagi Pokdarwis, kami tidak lupa selaku aparatur Desa Trinsing menyampaikan ucapan terima kasih kepada Disbudparpora atas pembinaan dan dukungan kepada desa kami serta obyek wisata DAM Trinsing sebagai tempat obyek wisata unggulan kabupaten Barut,” tutur Kades Trinsing, Heri Mansupardi. (Uzi)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

METROkalteng.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.