METROKalteng.com
NEWS TICKER

Bunda Paud Kabupaten Gumas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong Membuka Kegiatan Sosialisasi Penguatan Transisi Paud Ke SD di Kecamatan Sepang

Saturday, 27 April 2024 | 5:27 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 66

Gunung Mas, (METROKalteng.com) – Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong bersama Kepala  Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Gunung Mas, Aprianto, S.T.,M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Gunung Mas Osner Sagala, S.E.,M.Si membuka kegiatan sosialisasi penguatan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan Se Kecamatan Sepang dan Kecamatan Mihing Raya bertempat di SDN-2 Sepang Simin, Sabtu (27/4/2024).

Kegiatan sosialisasi penguatan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan Se Kecamatan Sepang dan Kecamatan Mihing Raya ini dikikuti oleh 38 orang peserta yang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah dan 1 orang guru kelas 1 Kelas Awal, jenjang SD yang berasal dari Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Se Kecamatan Sepang dan Se Kecamatan Mihing Raya dengan narasumber Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong , Sri Ratu Kartini, S.Pd, Guru SDN 2 Sepang Simin, Herti, S.Pd Guru SDN 1 Sepang Kota yang sudah mengikuti pelatihan yang diselenggarkan oleh kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi tahun 2024. Terkait Transisi PAUD ke Sekolah Dasar.

Kepala  Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Gunung Mas, Aprianto, S.T.,M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Gunung Mas Osner Sagala, S.E.,M.Si. dalam sambutan  menyampaikan  mengapresiasi kepala sekolah PAUD dan SD se Kecamatan Sepang dan Kecamatan Mihing Raya beserta para guru dan jajarannya.

“Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Dasar Tidak lagi menerapkan tes kemampuan Membaca, Menulis dan Berhitung atau Bentuk Tes Lain. Satuan Pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar Melakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru, dilaksanakan mengacu pada ketentuan Perundang-undangan yang mengatur mengenai Pengenalan lingkungan Sekolah,” Ucapnya.

Selain Melakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah, kata dia, bagi Peserta Didik Baru, Khusus Sekolah Dasar dalam rentang waktu 2 Minggu Pertama Pada Tahun Ajaran Baru, Perlu Melakukan Pengenalan Peserta Didik Baru dengan Lingkungan belajarnya, agar peserta didik merasa nyaman berkegiatan dilingkungan Sekolah.

Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong dalam sambutannya mengatakan bahwa Penguatan Transisi PAUD ke SD merupakan proses dimana anak berpindah dari perannya sebagai peserta didik di PAUD menjadi peserta peserta didik SD.

 “Transisi yang efektif adalah saat anak tidak perlu melakukan terlalu banyak penyesuaian sebagai akibat dari perpindahannya.” Kata Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong.

Dikatakan pula, bahwa pembelajaran harus mencerminkan pemahaman bahwa membangun kemampuan fondasi yaitu kematangan sosial emosional, kemampuan literasi dan numerasi dasar, serta kemampuan fondasi lainnya yang merupakan suatu proses bertahap dan berkelanjutan yang dibangun sejak PAUD hingga SD di kelas awal.

Kegiatan sosialisasi penguatan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan menindak lanjuti dari Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor: 759/C/HK.4.1/2023 tentang So Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Kelas Awal.

Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan OlahRaga Kabupaten Gunung Mas Nomor: 400.3.2/248/DISDIKPORA/II/2024, Tanggal 23 Februari 2024, tentang Pelaksanaan Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Kelas Awal Tahun 2024.

Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Gunung Mas. Nomor: 400.3.5.1/402/DISDIKPORA/III/2024, Tanggal 21 Maret 2024. Tentang Pembentukan TIM Panitia dan Tim Narasumber Sosialisasi Penguatan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar Kelas Awal Tahun 2024.

Turut hadir dalam kegatan sosialisasi penguatan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan Se Kecamatan Sepang dan Kecamatan Mihing Raya, Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, Kepala  Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Gunung Mas, Aprianto, S.T.,M.Si yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan OlahRaga Kabupaten Gunung Mas Osner Sagala, S.E.,M.Si. Camat Sepang Sayudi, S.Pd, M.Pd, Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Disdikpora Kabupaten Gunung Mas  Remeina, S.Pd.,M.Pd, Kepala Seksi Kurikulum SD dan SMP Disdikpora Kabupaten Gunung Mas  Cendrawan, S.Pd.,M.Si, Koorwil Bidang Pendidikan Kecamatan Sepang Surya, S.Pd.,M.M dan para undangan lainnya. (Red)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889