METROKalteng.com
NEWS TICKER

Melalui BUMDes, Pemdes Desa Batu Raya I Bangun Pertades Unit Usaha BBM

Thursday, 22 July 2021 | 10:14 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 47

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah akan segera memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bergerak dalam bisnis energi Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal ini ditandai dengan telah dilakukannya peletakan batu pertama pembangunan Pertades Unit Usaha BBM milik BUMDESA MITRA KARYA, Kamis (22/7/2021).

Peletakan batu pertama pembangunan Pertades Unit Usaha BBM milik BUMDESA MITRA KARYA tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa, Eveready Noor, SE, Camat Gunung Timang Arson, ST. M,Eng dan CO. PT MTI, Bambang Priyono serta sejumlah Kepala Desa yang ada di Kecamatan Gunung Timang.

Pertades Unit Usaha BBM milik BUMDESA MITRA KARYA Desa Batu Raya I merupakan implementasi kolaborasi usaha dengan PT Mutiara Teknologi Indonesia (MTI) dalam rangka mendorong kemandirian perekonomian desa melalui pendapatan asli desa yang berkelanjutan.

CO. PT MTI, Bambang Priyono dalam sambutannya mengatakan, tujuan utama kerja sama Pertades Unit Usaha BBM milik BUMDESA MITRA KARYA kepentingannya adalah agar BUMDes bangkit sebagai pilar perekonomian desa. Desa bisa maju, mandiri dan memiliki sumber penghasilan yang berkelanjutan sehingga akan menjadi penopang PADes.

“Untuk itu, salah satu bisnis yang layak dikelola oleh BUMDes adalah BBM, karena kepentingan kebutuhan BBM itu ada di wilayah masyarakat,” kata Bambang.

Menurutnya, desa sebenarnya memiliki hak istimewa yang diatur dalam Peraturan BPH Migas Nomor 6 Tahun 2015. Artinya sudah sejak lima tahun lalu telah memberikan hak kepada BUMDes untuk terlibat dalam bisnis di sektor BBM. “Regulasi itu menjelaskan bahwa badan usaha yang ingin menjadi penyalur/sub penyalur BBM bisa menggandeng BUMDes,” jelasnya.

Kepala Desa Batu Raya I, Sehat mengatakan, dengan terselengaranya pembangunan Pertades Unit Usaha BBM milik BUMDESA MITRA KARYA di Desa Batu Raya I ini berkat doa dan dukungan masyarakat Batu Raya yang sangat mengharapkan agar di desa Batu Taya ada SPBU yang bisa bermitra dengam Badan Usaha Milik Desa.

“Untuk itu, kita berharap dukungan dari seluruh komponen masyarakat yang ada agar pembangunan Pertades Unit Usaha BBM milik BUMDESA MITRA KARYA ini bisa terlaksana berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan,” kata Kades Sehat.

Menurut Sehat, keberadaan Pertades Unit Usaha BBM milik BUMDESA MITRA KARYA ini nantinya diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan tentunya menunjang kegiatan pembangunan yang ada di desa, harapnya.

Sementara Camat Gunung Timang Arson, ST. M,Eng mengharapkan bagi 15 desa yang ada di wilayah Kecamatan Gunung Timang bisa menghidupkan kembali BUMDES yang selama ini masih belum maksimal untuk pengembangan usahanya, seperti halnya Desa Batu Raya I yang telah melakukan pengembangan usaha melalui BUMDES, ujar Camat Arson. (Jonda)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889