METROKalteng.com
NEWS TICKER

Kecamatan Tanah Siang Berhasil Raih Juara Umum Festival Budaya TTB Murung Raya

Sunday, 5 May 2024 | 10:04 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 3

Puruk Cahu (METROKalteng.com) – Kecamatan Tanah Siang meraih juara satu dalam ajang festival budaya Tira Tangka Balang (TTB) tahun 2024 yang dilaksanakan Pemkab setempat melalui Dinas Pendidian dan Kebudayaan (Disdikbud) Mura.

Dalam.ajang festival alhirnya Kecamatan Tanah Siang unggul dari lawan-lawannya dengan memperolehan 12 medali riciannya 5 medali Emas, 5 perak dan 2 perunggu.

Kemudian, juara ke II diraih Kecamatan Seribu Riam degan 10 medali dan juara III berhasil diraih oleh Kecamatan Tanah Siang selatan dengan perolehan 7 mendali.

“Sehingga juara umum I, II dan III mendapatkan tropy dan uang pembinaan,” kata kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mura Ferdinand Wijaya, sabtu (4/05/2024) malam.

Pj Bupati Mura, Hermon menuebutkan dari Pemerintah Daerah sendiri akan memberikan uang pembinaan tembahan selain dari yang telah sediakan oleh penyelenggara festival budaya.

“Untuk hadiah tambahan ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada Kecamatan yang telah melakukan pembinaan,” kata Hermon.

Lompetisi yang digelar dalam festival budaya ini adalah lomba karungut, lomba mangenta,lomba bagasing, lomba manyipet, lomba mangaruhi, lomba masakan tradisional kalteng,lomba vocal solo lagu daerah, lomba lawang sakepeng, lomba malamang, lomba balogo, lomba maneweng, manetek tuntang manyila kayu dan lomba tari pedalaman kalimantan

Dalam kegiatan festival budaya Tira Tangka Balang merupakan kegiatan agenda tahunan yang diadakan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Mura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjaga kelestarian budaya dam kearipan lokal.

Selain Itu ajang memperkenalkan ke khasan dan karakteristik nilai-nilai budaya daerah sesuai potensi pariwisata Kabupaten Mura.

“Maksud dan tujuan adalah untuk mengangkat budaya lokal, sebagai sarana promosi dan budaya, sebagai wadah seniman dan budayawan untuk dapat terus berinovasi, berkreasi, memperkenalkan kearifan budaya, serta menarik wisatawan lokal maupun dari luar daerah (domestik),” tandas Pj Bupati Mura, Hermon.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889