METROKalteng.com
NEWS TICKER

Kemenag Barut Lakukan Eksperiment Terhadap Sarana Asesmen Kompetensi Untuk Guru Madrasah

Friday, 16 October 2020 | 1:53 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 37

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara (Kemenag-Barut) mulai melaksanakan uji coba asesmen kompetensi bagi guru, kepala, dan pengawas madrasah (AKG, AKK, dan AKP). Kegiatan ujicoba ini bertempat di MAN Barito Utara, Kamis (15/10/2020).

Kepala Kantor Kementerian Agama Barut, HM Yusi Abdhian melalui Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah Kemenag Barut Almubasir meyebutkan, rangkaian kegiatan Eksperiment sarana aplikasi asesmen guru madrasah ini di ikuti empat orang peserta, sejumlah empat orang peserta tersebut langsung di tunjuk oleh Kepala Kantor Kemenag dalam rangka untuk mengikuti asesmen ini yang berlangsung selama 3 hari kedepan

“Ujicoba ini bertujuan untuk memastikan aplikasi dan perangkat yang di gunakan dapat berjalan dengan baik, terutama pada saat pelaksanaan nantinya tidak mengalami kendala atau gangguan,” kata Almubasir.

Kasi Pendidikan Madrasah juga menjelaskan, ada beberapa indikator peningkatan kompetensi yang berbasis asesmen, yaitu peningkatan kompetensi perencanaan, integritas, manajemen tata kelola, penguatan yang berkelanjutan, dan rasional.

“Seluruh guru, kepala, dan pengawas madrasah di daerah ini diharapkan bisa mengikuti asesmen kompetensi ini dengan baik. Program asesmen kompetensi ini diharapkan mampu membenahi kualitas leadership, sekaligus mengembangkan jiwa entrepreneur guru, kepala, dan pengawas madrasah,” tandasnya.

Dikatakannya, bahwa peserta asesmen yang terdaftar di Sistem Simpatika ada 96 guru, kepala, dan pengawas madrasah. Rencananya, asesmen ini akan digelar secara bertahap mulai November 2020 mendatang.

Lebih lanjut Almubasir mengungkapkan, persiapan pelaksanaan program AKG, AKK dan AKP sudah siap. Proses pendataan calon dan penetapan lokasi tempat asesmen kompetensi dilakukan melalui Simpatika.

“Karena hasil dari asesmen ini bermanfaat antara lain peta sebaran dan kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah,” jelasnya.(Uzi)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

METROkalteng.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.