METROKalteng.com
NEWS TICKER

BPP Paju Epat Lakukan Pendampingan PKK dan KWT Pemanfaat Lahan Pekarangan Budidaya TOGA

Wednesday, 6 December 2023 | 10:02 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Tamiang Layang – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur (Bartim) melakukan pendampingan bagi anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan untuk budidaya Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Koordinator BPP Kecamatan Paju Epat Lukmanul Chakim pada kesempatannya mengatakan, pendampingan yang dilakukan berupa mobilisasi alat dan mesin pertanian serta pengolahan tanah.

“Seperti di Desa Maipe, selain mobilisasi alat dan mesin pertanian, penyuluh pertanian di sana Ibu Ervina juga mendampingi kegiatan olah tanah dasar serta pembuatan persemaian di lahan KWT dan lahan PKK,” bebernya, Sabtu(11/11/2023)

Menurutnya, dalam pendampingan musim tanam Oktober-Maret itu pemerintah desa setempat maupun Bhabinkamtibmas ambil bagian.

Lanjut, tujuan dari budidaya TOGA di pekarangan adalah selain untuk menghijaukan lingkungan, tanaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai obat atau apotek hidup.

“Jadi bisa sebagai sumber obat alami atau jamu bagi keluarga untuk mengobati berbagai penyakit,” ujar Lukmanul.

BPP Paju Epat akan terus melakukan pendampingan agar warga di wilayah kerja BPP Paju Epat dapat memanfaatkan lahan-lahan terutama di sekitar rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Dampak pendampingan yang kami lakukan pada periode-periode sebelumnya adalah meningkatnya luas tambah tanam berbagai komoditas,” pungkasnya (DNR)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889