METROKalteng.com
NEWS TICKER

Kontingen Barut Akan Mengikuti 19 Cabang Lomba Pada FBIM Bulan Tahun 2024

Sunday, 28 April 2024 | 7:03 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 1

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Kabupaten Barito Utara (Barut) Dalam kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2024 di Palangka Raya mengikuti 19 cabang lomba yang akan dilaksanakan 17-23 Mei 2024 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara (Disbudparpora Barut) Hj Annsa Cahyawati mengatakan pada kegiatan FBIM tahun 2024 pada bulan Mei mendatang kontingen Kabupaten Barito Utara akan mengikuti 19 cabang lomba dalam kegiatan tersebut.

“Kontingen Kabupaten Barut akan melibatkan diri mengikuti 19 cabang lomba yang dipertandingkan pada Festival Budaya Isen Mulang bulan Mei 2024 mendatang di Palangka Raya,” tandas Kadis Budparpora Hj Annisa Cahyawati, Minggu (28/4/2024).

Dikabarkan bahwa ke 19 cabang lomba i
tersebutt anyara lain karnaval budaya atau pawai budaya, perahu hias, jagau bawi nyai pariwisata Kalteng, malamang, mangenta, panginan sukup simpan, tari pedalaman, tari pesisir, vokal grup lagu daerah untuk putra / putri.

Selanjutnya, lomba karungut untuk putra / putri, balogo, bagasing atau habayang (putra putri), sepak sawut atau sepak apui, manetek maneweng manyila kayu, mangaruhi, dayung atau perahu tradisional putra / putri, besei kambe putra / putri, fotografis dan videografi.

Disebutkan, bahwa peserta dalam mengikuti FBIM nantinya kontingen Barito Utara diikuti sebanyak 240 orang termasuk di dalamnya official, seniman, atlet olahraga tradisional.

Hj Annisa menyebut untuk pelaksanaan kegiatan lomba dipusatkan di GOR Tuah Pahoe, dan tempat lainnya seperti Swissbell Hotel, Sungai kahayan perahu hias dan Bundaran Besar (karnaval).

“Kontingan Kabupaten Barut dalam FBIM tahun 2024 ini menargetkan sebanyak 25 medali,” ujarnya.

Sedangkan untuk penampungan kontingen FBIM Barutb di Hotel Putri Sinta, Guest House dan juga di tempat lain di kota Palangka Raya.

“Untuk pelepasan kontingen FBIM Kabupaten BarutnInsya Allah akan dilaksanakan pada Kamis tanggal 16 Mei 2024 dihalaman kantor Bupati yang dilepas secara langsung oleh pimpinan daerah,” ujar Kadis Budparpora yang didampingi salah satui official dalam tim, Puspo Priswantoro.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889