METROKalteng.com
NEWS TICKER

Ketua PWI Murung Raya Berikan Pelajaran Ilmu Jurnalistik Kepada Puluhan Siwa/Siswi MAN 1 Puruk Cahu

Thursday, 19 May 2022 | 3:58 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 1

Puruk Cahu, (METROKalteng.com) – Ketua organisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia Murung Raya (Kab-Mura) menekan bagaimana strategi untuk mengantisipasi berita- betita yang dipublikadikan atsu diposting melalui media sosial (Medsos) oleh oknum tertrntu yang tidak bertanggungjawab alias hoak,kali ini jajaran PWI Mura menggagas kembali kegiatan safari jurnalistik yang difokuskan bertempat ruang di Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 1 Puruk Cahu, Kamis (19/05/2022).

Dalam paparannya Ketua PWI Mura, Reno S Kom,M.I Kom menyebutkan, bahwa rangkaian kegiatan safari jurnalistik yang digelar tempat sekolah MAN 1 Puruk Cahu tersebut sebagai agenda akhir dari rangkaian kegiatan yang kunjungi dari sejumlah sekolah yang sebelumnya telah dikunjungi dengan agenda dan memberikan mateti yang juga berbeda.

Rangkaian kegiatan dari agenda dsn jadual PWI Mura digelar pada 2022 ini yang dirangkaikan untuk memperingati Hari pers Nasional (HPN) pads tingkat Provinsi Kalteng,di Puruk Cahu.

“Kita telah menggelar kegiatan safari jurnalistik kesejumlah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Murung Raya dan kali ini sekolah MAN 1 Murung Raya yang mendapat giliran terakhir uang kami kunjungi untuk melaksanakan kegiatan safari jurnalistik, tentu sebagai salah satu bagian dari rangkaian HPN tahun 2022, pada prinsifnya untuk memberikan pemahaman tetang ilmu jurnalistik kepada generasi muda serta peran profesi wartawan dengan harapan dapat memberikan wawasan positif bagi pelajar MAN atau sekolah lainnya yang sederjad,” tandas ketua PWI Mura, Reno.

Lrbih lanjut Reno mengungkapkan, bahwa ilmu Jurnalistik yang telah paparkan dihadapan puluhan siswa/siswi, salah satunya yaitu bagaimana membedakan informasi maupun berita hoaks yang sering diposting dimedia sosial serta pengenalan produk jurnalistik dan tata cara penulisan yang benar.

“Intuk itu, kita sampaikan kepada siswa/siswi dan bagaimana cara untuk membedakan berita hoaks atau palsu dan produk olahan jurnalistik di media sosial agar tidak mudah terapiliasi apalagi sampai turut serta menyebar luaskannya,” sebut Reno.

Tentunya disisi lain kata Reno menuturkan bahwa kegiatan tersebut sebagai salah satu langkah dari PWI Mura dalam mendukung Pemerintah Daerah untuk mencerdaskan anak bangsa melalui ilmu – ilmu jurnalistik yang telah disampaikan.

“Karena nenurut hemat saya, peran serta wartawan terutama dari PWI sebagai salah satu energi positif dalam dunia media sosial yang bergerak cepat memberikan informasi kepada masyarakat, tentunya mendukung Pemerintah Daerah mencerdaskan anak bangsa melalui edukasi ilmu jurnalistik, serta bagaimana contoh penulisan berita yang benar,”pungkas Reno. (Uzu)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889