METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pj Bupati Murung Raya, Hermon Buka Resmi Kegiatan Musrenbang Kecamatan Tanah Siang Di Saripoi

Tuesday, 30 January 2024 | 3:33 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 0

Puruk Cahu, (METROKalteng.com) – Pj Bupati Murung Raya (Mura), Hermon membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tanah Siang (TS) bertempat dilaksanakan kantor Kecamatan di Disaripoi, Selasa (30/1/2024).

Pada paparannya, Hermon mengatakan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Murung Raya tahun 2008-2028 mengamanatkan Pembangunan diprioritaskan pada wilayah perdesaan dan kelurahan dengan visi Kabupaten Murung Raya Yang Maju, Mandiri, dan Sejahtera bagi masyarakat.

“Untuk penetapan skala yang menjadi prioritas pembangunan daerah, bukan berarti kita mengesampingkan sektor-sektor yang lain. Hal ini semata mata untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, sekaligus sebagai aksi strategis penanggulangan kemiskinan, kebodohan dan keterisolasian sebagai wujud pelaksanaan visi, misi dan program kerja Pemerintah Kabupaten Mura menuju Mura Emas tahun 2030 mendayang,” ungkap Hermon.

Dikatakannya, program prioritas yang harus dilaksanakan seperti pembangunan sarana dan prasarana dasar, memperkuat kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, meningkatkan mutu dan derajat kesehatan, serta meningkatkan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat di Mura.

Untuk itu, diharapkan partisipasi aktif semua pihak untuk menyusun dan menetapkan program dan kegiatan perencanaan pembangunan sesuai dengan skala prioritas dengan mempertimbangkan segi waktu pelaksanaan, lokasi, anggaran yang tersedia dan kelanjutan program kegiatan Pembangunan proritas.

Camat Tanah Siang Hendra mengatakan, Musrenbang merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan. Peran Musrenbang menjadi lebih bermakna karena menjadi media utama konsultasi publik bagi segenap pelaku kepentingan untuk menyelaraskan prioritas pembangunan Kecamatan/Kelurahan di Kecamatan Tanah Siang.

“Pada pelalaksanaan Musrenbang Kecamatan Tanah Siang merupakan musyawarah pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah terhadap perencanaan program prioritas yang tercantum dalam daftar usulan dalam rencana kegiatan pembangunan desa dan kelurahan dan yang terintegrasi dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Mura,” ujar Hendra.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889