METROKalteng.com
NEWS TICKER

Di Puruk Cahu Debit Air Sungai Barito Sudah Mulai Surut Hingga 50 Cintimeter

Saturday, 20 January 2024 | 7:53 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 0

Puruk Cahu, (METROKalteng.com) – Debit air sungai Barito berangsur surut, terjadi di kawasan Kelurahan Beriwit Puruk Cahu, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah (Kalteng).

Peristiwa menyurutnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito di daerah Puruk Cahu disampainkan warga Berilwit Apie di warung Suahrani simpang empat Puruk Cahu, Sabtu (20/1/2024).

“Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, keadaan DAS Barito sudah berangsun surut, namun pada saat ini masih terdapat dibeberapa kawasan yang menjadi langganan banjir dan belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua dan jika hendak melalui kawasan banjir menggunakan sarana talatap atau batang kayu yang disusun dan juha menggunakan klotok atau perahu kecil bermesin, ujar apie

Sudah berjalan lima (5) dilanda banjir total yang dialami Apie dan membuat tempat tinggalnya atau rumahnya tenggelam diterjang Banjir di Betiwit RT 5 RW I, Kelurahan Beriwit, Puruk Cahu.

Bantuan banyak yang datang dari BPBD, Satpol-PP dan juga prusahaan, sehingga warga sangat terbantu untuk memenuhi kenutuhan rumah tangga, untuk warga yang membutuhkan bantuan menyampaikan ucapan terima kasih atas uluran, kepedulian Pemerintah Daeran Murung Raya melalui BPBD, Satpol-PP dan pihak Perusahaan.

Dikatakan Apie, dirinya jika hendak keluar rumah harus menggunakan perahu begitu juga jika hendak pulang kerumah; dan mudah mudah-mudahan becna banjir yang melanda cepat surut, sehingga petekonomian warga normal kembali, namun kabar yang kami terima dikawasan Barito hulu dibDesa Tumbang Joloi, Kecamatan Seribu Riam, air Barito naik lagi hingga 4 meter. (Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889