METROKalteng.com
NEWS TICKER

Akibat Banjir, Ratusan Hektar Sawah di Kecamatan Gunung Timang Terancam Gagal Panen

Monday, 26 February 2024 | 8:52 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 123

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Petani di sejumlah Desa Kandui sampai Desa Rarawa Kecamatan Gunung Timang, dipastikan terancam gagal panen padi akibat luapan sungai muntallat yang merendam sejumlah sawah warga. Pasalnya, intetitas hujan yang terjadi dari hulu sungai muntallat menyebabkan banjir hingga memutus jalan Nasional Banjarmasin Muara Teweh dan sebaliknya.

Menurut salah satu warga Mastupur, kepada media ini mengatakan, rata-rata padi sudah siap panen tinggal menunggu beberapa waktu lagi. Namun akibat hujan yang begitu deras dipastikan ratusan hektar sawah dari Desa Kandui sampai Desa Rarawa terendam banjir yang sangat dalam. Bahkan sawah yang ada berubah seperti lautan.

“Untuk itu, kami petani berharap kepada pemerintah setempat melalui dinas terkait agar bisa membatu benih untuk persiapan tanam tahun depan. Semua petani sawah tahun ini dipadtikan gagal panen, sehingga petani tidak dapat benih lagi akibat banjir,” kata Mastupur, Senin (26/02/2024).

Mastupur berharap semoga petani sawah untk untuk tahun depan bisa mendapatkan bantuan berupa benih padi dari pemetintah untuk di bagikan kepada petani sawah supaya bersinambungan, ucapnya.

Disebutkannya selain merendam ratusan hektar sawah warga, banjir yang terjadi juga merendam sejumlah pemukiman penduduk dan pasilitas umum seperti sekolah pustu dan yang pasilitas lainnya. (Red)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889