METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pengaruh Penggunaan Tiktok Terhadap Anak Usia Dini

Sunday, 18 December 2022 | 11:55 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 20

Oleh : Rahayu Lestari

Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAIN Palangka Raya

 

Siapa yang tidak asing dengan Aplikasi yang satu ini ? Ya, aplikasi Tiktok yang saat meramaikan dunia media social. Ratusan orang berlomba-limba untuk membuat video tiktok setiap harinya. Bahkan hal ini sudah menjadi rutinitas bagi banyak orang, Mulai dari anak-anak, Remaja, Hingga orang tua baik itu bapak-bapak atau ibu-ibu, mereka juga bermain tiktok. Tak jarang pula jika para orang tua pun melibatkan anak-anaknya untuk bermain tiktok. Tetapi, cukup baikkah tiktok bagi anak-anak?

Sering kali Tiktok beredar Video-video yang tidak pantas di tonton dan dilihat oleh anak dibawah umur, sudah pasti akan merusak moral dan prilaku anak-anak yang melihat tayangan tersebut, tidak jarang jika mereka mengikuti apa yang mereka lihat.

Pada dasarnya anak dibawah umur belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang bururk, Maka penting buat para orang tua agar mengawasi anak-anak mereka dengan baik.

Tiktok memiliki pengaruh buruk terhadap anak di usia dini. Semenjak ada aplikasi tiktok anak-anak terkadang menjadi lupa akan serunya bermain bersama teman-teman sebayanya. Seringkali ditemui anak-anak yang bahkan tidak perduli dengan keadaan di sekitarnya. Hal ini sangat mengganggu proses anak untuk bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya.

Tidak hanya itu saja, Adanya fitur komentar pada konten-konten tiktok banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dan melakukan penindasan pada anak usia dini dengan cara peghinaan fisik, menghasut, dan masih banyak lagi. Penindasan yang di lakukan melalui media social dapat mengganggu mental dan Psikologis seorang anak. Akibatnya tak jarang jika mereka akan mengalami setres berlebihan, rasa takut yang berlebihan dan rasa cemas yang tak kunjung hilang.

Teknologi yang mempunyai banyak kelebihan pasti memiliki dampak negative apabila digunakan secara berlebihan. Peran orang tua juga sangat penting untuk mendampingi anakanya di saat bermain tiktok atau social media. Orang tua juga menjadi faktor pendukung untuk seorang anak agar mereka dapat mengkonsumsi sesuatu yang bermanfaat dan sesuai dengan usiannya.

Tiktok memang bisa menjadi media untuk membantu mengasah kreativitas anak. Namun jika tidak digunakan dengan bijak anak bisa saja kecanduan tiktok dan mengalami hal-hal yang merugikan.

Oleh karena itu orang tua harus cukup bijak dalam menyikapi hal tersebut dan para orang tua harus menentukan kapan kira-kira waktu yang tepat untuk mengenalkan gadget kepada anak, orang tua harus memberi tahu apa saja dampak negative dan positif dari gadget atau bahkan sebuah aplikasi. Tetapi alangkah baiknya untuk anak-anak yang usiannya masih di bawah 2 thn tidak diperkenalkan kepada gadget***

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889