METROKalteng.com
NEWS TICKER

Rampung 100 Persen, Jembatan Gantung Ahkmad Gunadi Penghubung Desa Sabuh Besok Diresmikan

Tuesday, 3 January 2023 | 2:31 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Bupati Kabupaten Barito Utara (Kab-Barut) H Nadalsyah, besok Rabu tanggal 4 Januari 2023 bakal meresmikan jembatan penghunbung di Desa Sabuh, Kecamatan Teweh Baru yang akan diberi sebutan nama Akhmad Gunadi (AG) yang juga merupakan nama putera dari Bupati H Nadalsyah.

Adapun keberadaan jembatan gantung di desa ini ini pembangunannya 100 persen merupakan dana pribadi H Nadalsyah dengan nominal Rp 7 milyar yaitu bentang sepanjang 75 meter.

Krmudian jembatan penghubung arah Desa Sabuh 16 meter, jembatan penghubung arah Desa Sabuh seberang 24 meter, secara global panjang keseluruhan jembatan mencapai 115 meter dengan lebar mencapai 2,5 meter.

Sarana penghubung jembatan gantung merupakan jembatan kebanggaan bagi masyarakat desa Sabuh dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat yaitu jenis ambulan, pick up atsu dengan beban maksimal hingga mencspai 3.000 kilogram..

Dalam pembanguannya jembatan ini selalundiawasi dan disesuaikan dengan standar dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barut.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik yang didampingi Kadis Kominfosandi M Ikhsan, Camat Teweh Baru Joni, Kabag Protokol Wahyu Eko Prasetyo, Kabid Bina Marga Dedi dan Kabid Infokom Publik Barut, Mujiburrahman beserta pejabat teknis PUPR melakukan evaluasi dan pengecekan langsung di lapangan dalam rangka persiapan peresmian jembatan pada Rabu 4 Januari 2023.

Sementara iru, Camat Teweh Baru, Joni mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara terkhusus kepada Bupati H Nadalsyah yang telah tulus membantu pembangunan sarana dan prasarana baik jalan penghubung maupun jembatan gantung yang bersumber dari dana pribadi bapak Bupati H Nadalsyah.

“Dengan dibangunnya jembatan tersebut, tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat desa karena mampu untuk memperpendek jarak tempuh dari dan ke ibukota Kabupaten, menekan biaya transportasi, mobilisasi selanjutnya dengan terbentuknya jembatan ini akan menumbuhkan kembangkan perekonomian masyarakat, khususnya warga desa Sabuh,” jelas Camat Teweh Baru, Joni.

Terima kasih pula kepada Bupati H Nadalsyah yang telah membiayai pembangunan jembatan dan keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan sejumlah pembangunan infrastruktur lainnya seperti pembangunan jembatan Sei Kambe, listrik desa dan pembangunan jalan desa diwilayah pefesaan.

“Kami merasa terbantu bukan hanya jembatan penghubung namun Desa Sabuh juga akhirnya mempunyai jalan desa sendiri atau tidak melintasi jalan perusahaan, mewakili seluruh masyarakat Desa Sabuh kami akan berusaha menjaga bantuan dan amanah beliau,” ungkap Joni yang baru dilantik selaku Camat Teweh Baru.

Kepala Dinas PUPR Barut, M Iman Topik saat dihubungi Selasa (3/1/2023) melalui sambungan telpon kepada awak media mengungkapkan, Rabu besok Jembatan gantung yang beberapa waktu lalu dibangun telah rampung dan akan diresmikan oleh Bupati Barut, H Nadalsyah.

“Pembangunan jembatan gantung Desa Sabuh ini menggunakan dana pribadi beliau Bupati H Nadalsyah dengan alokasi anggaran mencapai Rp7 milyar. Dan nama jembatan beliau sendiri yang memberikan nama Jembatan Gantung Akhmad Gunadi (AG),” pungkas kadis PUPR Barut, M Iman Topik.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889