METROKalteng.com
NEWS TICKER

Keberhasilan Program Pembangunan Bidang Pertanian Ikut Ditentukan Oleh Penyuluh Pertanian

Wednesday, 16 November 2022 | 5:13 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Kadistan Kab-Barut) Syahmiludin A Surapati mengungkapkan, keberhasilan program dan percepatan pencapaian kegiatan pembangunan bidang pertanian ikut ditentukan oleh penyuluh pertanian yang aktif dan gigih dalam mendampingi dan membimbing para petani dan kelompok tani dalam menggeluti kegiatan usahanya.

Ikhwal tersebut disampaikan Syahmludin A Surapati pada saat pelaksanaan Musyawarah Daerah Himpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Musda Perhiptani) Kabupaten Barito Utara periode 2022-2027 di aula Dinas Pertanian Barut, Rabu (16/11/2022).

“Sebagai organisasi profesi, peran Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), mempunyai peranan penting dalam melakukan perubahan serta inovasi di bidang pertanian,” kata Syahmiludin A Surapati.

Kadis Pertanian Barito Utara juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya Musda Perhiptani Kabupaten Barito Utara dengan salah satu Agendanya memilih pengurus untuk Masa Bakti 2022-2027.

Dikatakannya, melalui pengurus terpilih di harapkan dapat menyuarakan aspirasi dan mempererat silaturahmi, kekompakan, sumber inspirasi, memberikan motivasi serta meningkatkan kompetensi serta menjadi wadah yang nyaman untuk berhimpunnya para Penyuluh Pertanian di Kabupaten Barito Utara.

Untuk itu melalui Musda ini, Syahmiludin menitip pesan, kepada seluruh penyuluh pertanian supaya membangun komunikasi dan koordinasi yang baik, serta meningkatkan wawasan, kreativitas, motivasi, profesionalisme dalam bekerja mendampingi masyarakat tani.

Menurutnya, upaya mewujudkan pembangunan pertanian itu tentunya tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi. Seperti, penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya lahan pertanian. Oleh karenanya, sosialisasi penggunaan pupuk organik harus terus digalakkan, guna mendukung pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dikatakannya bahwa, keberadaan penyuluh pertanian tidak hanya fokus dalam pendampingan oada kegiatan on farm saja, akan tetapi juga melakukan kegiatan pendampingan pada kegiatan off farm, karena pada dasarnya, komoditas pertanian itu memiliki beberapa sifat khusus, sehingga dalam melakukan kegiatan usaha tani diharapkan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien guna peningkatan hasil panen para petani.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889