METROKalteng.com
NEWS TICKER

Keberadaan Pokjanal Posyandu Diharapkan Selalu Proaktif Untuk Revitalisasi Fungsi Posyandu

Friday, 2 December 2022 | 7:05 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 1

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Kelompok kerja operasional pembinaan pos pelayanan terpadu (Pokjanal Posyandu) adalah merupakan kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan dan pengelolaan Posyandu didaerah.

“Keberadaan Pokjanal Posyandu Kabupaten adalah sebagai pembina diharapkan lebih aktif berperan dalam rangka revitalisasi fungsi posyandu sehingga dapat meningkatkan motivasi bagi masyarakat yang ada di Barito Utara,” sebut Sekda Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten II Setda Barut, Rahmat Muratni pafa saat membuka kegiatan penyusunan rencana aksi daerah bersama Pokjanal dan Pokja Posyandu dan tokoh masyarakat di Barut bertempat di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Kamis (1/12/2022).

Kalangan masyarakat yang berperan sebagai pelaksana tugas sekaligus yang menerima manfaat atau pelayanan langsung Posyandu dapat menganalisa masalah kesehatan, pendidikan dan ekonomi secara mandiri.

Menurutnya, dalam kegiatannya, posyandu sebagai pusat pelayanan dan pusat kegiatan masyarakat tidak terlepas dari peran masyarakat, pemerintah kelurahan,/desa, petugas kesehatan serta sektor-sektor terkait dalam membantu melayani keluhan masyarakat dilingkungannya masing-masing

“Dalam upaya peningkatan posyandu sangat memerlukan kerjasama yang dinamis dan produktif yang melibatkan semua sektor terkait baik itu pemerintah mapun pihak swasta serta masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

Dikatakan pula, bahwa untuk meningkatkan fungsi kinerja posyandu, maka diperlukan komitmen, kesamaan pemahaman dan kerjasama sehingga akan terjadi singkronisasi dan kerjasama lintas sektor di provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai kelurahan/desa .

“Sehingga perlu kita laksanakan rencana aksi daerah bersama Pokjanal dan Pokja Posyandu dengan melibatkan tokoh masyarakat di Barut ini dan diharapkan kinerjanya semakin baik guna memberikan pelayanan secara bersama-sama kepada kalangan masyarakat,” pungkasnya.

Pada rangkaian kegiatan tersebut, turut hadir mewakili Kadis Kesehatan Kalteng, Kadis Kesehatan Barut, Camat Teweh Tengah, Lurah Lanjas, mewakili Lurah Melayu dan para peserta serta sejumlah udangan yang juga turut hadir.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889