METROKalteng.com
NEWS TICKER

Kadisdik Barut : Meliburkan Siswa/Siswi Merupakan Otoritas Kepsek Saat Banjir

Saturday, 20 January 2024 | 6:49 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 16

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Dengan adanya persoalan kondisi bencana musibah banjir di wilayah Kabupaten Barito Utara yang merendam sejumlah fasilitas umum termasuk sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara (Disdik-Barut) memberikan otoritas kepada kepala sekolah (Kepsek) untuk meliburkan siswa siswinya, khususnya yang terdampak banjir.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Barut, Syahmiludin A Surapati menyebutkan dengan adanya kondisi terkini bencana banjir yang melanda di beberapa wilayah yang ada di Barut dan, pihak dinas Pendidikan meminta kepada kepala sekolah, kalangan pendidikan, kordinator wilayah pendidikan untuk bersama-sama melakukan pemantauan, juga pendataan serta pemetaan sekolah-sekolah yang terdampak langsung maupun terkena dampak dari banjir yang tengah terjadi.

“Untuk itu kepada masing-masing kepala sekolah yang terkena banjir, kami memberikan kewenangan kepada kepala sekolah untuk mengambil keputusan meliburkan siswa siswinya. Hal ini untuk mencegah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tutur Syahmiludin A Surapati, Sabtu (20/1/2024).

Dinas Pendidikan tetap memastikan bahwa pembelajaran tetap berjalan seperti biasa dan meminta kepada guru, kepala sekolah bisa memberikan tugas-tugas yang biasa dikerjakan oleh siswa siswi yang tidak bisa masuk ke sekolah karena kondisi banjir yang melanda sekolah.

Dimiinta untuk tetap melakukan pemantauan, dan ini nantinya untuk menjadi dasar Dinas Pendidikan mengeluarkan surat edaran yang nantinya digunakan sebagai pedoman didalam menyikapi mengambil langkah-langkah yang dianggap baik.

“Dan khusus untuk kalangan pendidik yang memang kondisi sekolah dan akses jalan ke sekolah memang tidak memungkinkan, kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak BKPSDM supaya tidak menimbulkan kendala dan permasalahan di dalam sistem absensi yang berbasis elektronik Ccdn maupun Ccsa,” ucapnya.

Saat ini kata dia sudah dipetakan mana sekolah-sekolah yang terdampak langsung maupun terdampak dari banjir. “Kita juga berdoa pada Allah SWT semoga ujian banjir ini cepat berlalu dan kita bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran secara normal seperti sediakala,” pungkasnya.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889