METROKalteng.com
NEWS TICKER

Kadisbudparpora Barut: Destinasi Wisata Adalah Potensi Kekayaan Yang Dimiliki Suatu Daerah dan Masyarakat

Friday, 25 November 2022 | 6:23 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 11

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Disbudpar -Kalteng) dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara (Disbudparpora Kab- Barut) menggelar kegiatan sosialisasi Sadar Wisata, di Bumi Perkemahan Panglima Batur Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, Jumat (25/11/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri Kadis Budparpora Barut, Hj Annisa Cahyawati, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barut, Naili Fasihah, Kabid Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan pada Dinas Budpar Kalteng Rusita Murniasi, Camat Teweh Selatan Asmuri, Kepala Desa Trinsing, Kepala Desa Trahean, BPD Desa Trahean dan Trinsing, Ketua Pokdarwis Tangking Langit, Sama Sanang Wisata, Sopan Sei Trinsing dan Pokdarwis Datai Batu Hajak serta perwakilan Desa Pokdarwis Desa Nihan Hilir.

Kadis Budparpora Barut, Hj Annisa Cahyawati menyebut bahwa Dinas Budparpora Barut selaku leading sektor dunia kepariwisataan sangat mengapresiasi yang setinggi tingginya dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut.

“Rangkaian kegiatan sosialiasi ini sangat bermanfaat terutama untuk meningkatkan kesadaran dan rasa tanggungjawab segenap lapisan masyarakat baik pemerintah, swasta maupun pemangku pekentingan, sehingga mampu bertindak dan mewujudkan Sapta Pesona Pariwisata yang bermuara pada meningkatnya minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” beber Kadisbudparpora Barut, Hj Annisa Cahyawati.

Disebutkannya, bahwa destinasi wisata adalah salah satu potensi kekayaan yang dimiliki oleh suatu daerah dan masyarakat sekitar destinasi. Oleh karena itu sudah seyogyanya kita berdayakan sehingga memberikan dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat Barut.

Diketahui bahwa seiring dengan pembangunan sektor pariwisata yang sudah dilakukakan oleh Pemkab Barito Utara, tentunya membutuhkan dukungan seluruh pihak untuk menjadikan objek wisata berdaya guna secara maksimal untuk menggali PAD Barut.

“Sosialisasi ini diharapkan menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mewujudkan masyarakat yang dapat menjadi tuan rumah yang baik dimana objek wisata berada yaitu warga masyarakat yang berupaya menciptakan lingkungan dan suasana yang memenuhi unsur-unsur Sapta Pesona yaitu keindahan, keramahan, kebersihan, keamanan, kesejukan, ketertiban dan kenangan,” kata dia.

Sangat diharapkan dalam kegiatan ini berlangsung sukses. Dan kepada para peserta kiranya dapat mengambil bagian dari kegiatan ini dengan penuh perhatian, semangat dan dapat menyerap setiap materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

“Semoga pengetahuan dan wawasan serta semangat seluruh peserta akan semakin meningkat yang pada saatnya nanti seluruh peserta mampu mengaplikasikan seluruh unsur Sapta Pesona dengan maksimal sehingga mendapatkan hasil yang maksimal pula,” katanya.

Untuk hal ini disampaikan pula ucapan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah yang telah memilih Kabupaten Barut sebagai objek wisata atau lokasi penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Sehingga dengan demikian kami bangga dan menaruh hormat baik dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita dan semua pihak,” ujarnya.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889