METROKalteng.com
NEWS TICKER

Dinas Sosial PMD Barut Bawa 12 Orang Gangguan Jiwa ke RSJ Kalawa Atei Palangka Raya

Tuesday, 2 August 2022 | 1:44 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab-Barut), melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) bawa 12 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei Palangka Raya, Selasa (2/8/2022).

“12 orang ganggua jiwa yang kita bawa pada hari ini diantaranya adalah melakukan konsultasi terkait masalah kesehatan yang pernah berobat ke RSJ Kalawa Atei Palangka Raya,” tandas Kepala Dinas Sosial PMD Barito Utara Eveready Noor melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Pemberdayaan Kelembagaan dan Komunitas Adat Terpencil pada Dinsos PMD Barut.

Adapun keberangkatan 12 ODGJ ini didampingi oleh masing-masing keluarga hingga sampai ke tempat tujuan, dalam keberangkatan ini juga mengikut sertakan pendamping dari Dinas Sosial dan PMD, petugas klinik kesehatan Setda Barut dan Martinus seorang Pekerja Sosial Masyarakat.

“Sehingga pada hari ini berangkat ke Palangka Raya menuju RSJ Kalawa Atei, 11 ODGJ tersebut 5 diantaranya merupakan pasien baru dan dan lainnya pasien yang melakukan kontrol atau cek up ulang,” ujar Walter.

Dikatakannya, bahwa semua pembiayaan keberangkatan ini ditanggung sepenuhnya oleh Dinas Sosial dan PMD Barito Utara. “Saya mengharapkan kepada yang berangkat ini maupun yang konsultasi, dan yang ditinggalkan supaya benar-benar mereka ini membawa ke Kalawa Atei serta melakukan konsultasi dengannpihak keluarga pasen,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bagi yang konsultasi dan sudah sembuh memang harus ada perawatan, semuanya tetap di tanggung oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam hal ini Dinas Sosial PMD Barito Utara.

“Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada RSJ Kalawa Atei Palangka Raya yang sudah memberikan kesempatan cukup banyak kepada Barito Utara dalam setiap bulan menerima pengobatan orang dengan gangguan jiwa baik gangguan jiwa kambuhan dan gangguan jiwa berat,” sebutnya.

Adapun 12 warga Kabupaten Barut yang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei berasal dari beberapa wilayah kecamatan yangbtersebar di Kabupaten Barut, diantaranya berasal dari Kelurahan Jingah, Kelurahan Melayu, Kecamatan Gunung Timang, Kelurahan Haei II Desa Batu Raya II, Desa Nihan Hilir, Kelurahan lanjas, Desa Jangkang Baru, Desa Lemo dan Desa Bukit Sawit.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889