METROKalteng.com
NEWS TICKER

Distan KP Barito Timur Salurkan Bantuan 3.585 Kilogram Benih Jagung

Tuesday, 4 June 2024 | 3:19 pm
Reporter: Boy T.M
Posted by: metrokal
Dibaca: 6

Tamiang Layang, (METROKalteng.com) – Guna peningkatan index dan perluasan areal tanam, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kabupaten Barito Timur (Bartim) menyalurkan 3.585 kilogram benih jagung kepada petani di Kecamatan Raren Batuah, Paku, Awang, Dusun Tengah dan Kecamatan Paju Epat.

Kepala Distan KP Lurikto mengatakan, bantuan benih jagung tersebut bersumber dari DIPA Tugas Pembantuan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan kriteria Calon Penerima/Calon Lokasi (CPCL) perluasan areal tanam, peningkatan indeks pertanaman serta belum pernah menerima bantuan.

“Bantuan benih ini untuk dimanfaatkan pada musim tanam Asep (April-September) 2024,” jelas Lurik didampingi Kabid Tanaman Pangan Erwin Priadi saat akan melepas penyaluran benih tersebut di Halaman Kantor DistanKP, Tamiang Layang, Selasa (4/6/24).

Dia berharap dengan adanya bantuan itu, kelompok tani penerima dapat memanfaatkannya dengan baik untuk mengembangkan komoditas jagung di Barito Timur.

“Kita percaya dengan peningkatan hasil panen jagung nanti akan meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri, karena itu kelompok tani penerima kami harapkan agar betul-betul melaksanakan program kegiatan ini”, pinta Lurik.

“Untuk memastikan peluang pasar komoditas jagung pakan di Barito Timur masih cukup bagus, karena itu petani tidak perlu ragu meningkatkan luas tanam jagung.

“Kita ini malah kekurangan barangnya, peluang pasar jagung pakan cukup menjanjikan untuk petani kita, kata Lurik.

Untuk mendukung keberhasilan petani, Kepala DistanKP berpesan kepada para penyuluh pertanian agar sungguh-sungguh mengawal kegiatan tersebut dan membantu petani ketika menghadapi masalah budidaya, lanjutnya.

Tambahnya, kalau penyuluh aktif mendampingi, saat petani menghadapi masalah di lapangan penyuluh dapat segera membantu mencarikan jalan keluar sehingga budidaya jagung bisa berhasil, tutup Lurik. (B)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889