METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pemkab Barsel Gelar Kegiatan Sosialisasi Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil

Tuesday, 5 December 2023 | 5:34 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 0

Bunntok, (METROKalteng.com) – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Disperindagkop dan UMK) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar sosialisasi sertifikasi Halal bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Aula Hotel Afiat Buntok, Selasa (5/12/2023).

Kegiatan sosialisasi sertifikasi Halal bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Wilayah Kabupaten Barito Selatan ini di buka secara langsung oleh Asisten I Sekretariat Daerah Barito Selatan Yoga P. Utomo.

Kegiatan tersebut turut di hadiri Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Kabupaten Barito Selatan Swita Minarsih, Dan pemateri langsung didatangkan dari Kemenkum HAM, Selain itu dari Kesehatan hingga Kemenag setempat.

Bupati Barsel H Deddy Winarwan melalui Asisten I Yoga P Utomo mengucapkan terima kasih dan memeberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Keplad Dinas perindagkop dan UMK Kabupaten Barito Selatan beserta jajaran atas terlaksananya kegiatan Sertifikasi Halal ini, baik terkait packaging dan branding barang UMK Barsel untuk mendapatkan label halal.

“Tentunya kita berterima kasih dan sangat mengapresiasi kepada Dinas terkait yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga kelompok UMKM kita di Wilayah Kabupaten Barito Selata ini akan lebih berkembang tentunya,” ucapnya.

Yoga mengatakan bahwa sertifikasi halal merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah produk usaha UMKM, sehingga dengan adanya sertifikasi halal, para pembeli dari luar daerah akan merasa lebih aman ketika mengonsumsi produk.

“Tentunya jika produk kita sudah memiliki label halal maka para konsumen di luar daerah tidak akan ragu lagi dalam mengonsumsi produk kita,” kata Yoga.

Sementara Kepala Disperindagkop dan UMK Barsel, Swita Minarsih mengatakan, kegiatan ini merupakan program yang telah disetujui oleh Menteri Koperasi dan UKM yang telah diprogramkan pada tahun ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Jadi kegiatan ini sudah masuk pada pogram tahun 2023 yang mana menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), Tentunya kita ingin standarisasi produk kita meningkat, baik dari sertifikasi halal, packaging hingga branding sehingga mampu bersaing dengan produk luar lainnya di pasaran nantinya,” ujar Swita.

Swita juga menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk dapat memotivasi UKM-UKM yang ada di Kabupaten Barsel, agar dapat lebih berkembang hingga ke luar daerah dalam memasarkan barangnya.

“Dengan adanya label sertifikasi halal ini, produk UKM kita bisa beredar dan bersaing di luar daerah Kabupaten Barsel,” tandasnya. (DNR)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889