METROKalteng.com
NEWS TICKER

Bawaslu Gelar Media Gathering Bersama PWI Barsel

Monday, 13 November 2023 | 9:57 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 5

Buntok, (METROKalteng.com) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Barito (Barsel) mennggelar media gathering dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat. berlokasi di sekretariat Bawaslu Barsel jalan Pelita Raya Buntok kota. Minggu (12/11/2023)

Ketua Bawaslu Barsel Suwarsono,S.Pd usai kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan adalah dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan pengawasan tahapan pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

“Adapun tema media gathering kali ini yakni, Publikasi dan dokumentasi pengawasan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR RI, DPD dan DPRD kabupaten/kota,”katanya.

Menurutnya, salah satu tugas dan fungsi Bawaslu sebagai pengawasan pemilu tentunya harus banyak pihak diajak bekerjasama dalam hal pelaksanaan pengawasan pemilu.

“Salah satunya, dengan mengajak bermitra rekan-rekan wartawan yang tergabung di PWI Barsel karena kemitraan ini sangatlah penting,”jelasnya.

Sebab ini merupakan salah satu langkah dari rekan-rekan media lanjutnya, untuk membantu Bawaslu menyampaikan informasi ke publik tentang, pencegahan berita Hoaxs, Netralisir ASN, karena ASN sangat rentan terhadap Pelanggaran Pemilu, maka dari itu kita melakukan Netralisir agar tidak ada pelanggaran nantinya.

“Tentang pengawasan apakah nantinya ada pelanggaran atau tidak dari peserta pemilu dan yang jelas bentuk kerjasama ini adalah sinergitas Media bersama Bawaslu dalam pemantauan dan informasi untuk menyukseskan Pemilu serentak 2024 mendatang yang mana masa kampanye pendek yaitu 75.hari dari tanggal 28.November sampai dengan tanggal 10.Februari 2024 mendatang ,”imbuhnya.

Dalam kegiatan ini kata Suwarsono, kita juga menyampaikan batas waktu penurunan Alat Peraga Kampanye (APS) bagi seluruh partai politik (parpol) peserta pemilu 2024 di daerah ini.

“Adapun batas waktu penurunan APS, sudah ditentukan dan sudah diinformasikan kepada seluruh parpol dan peserta pemilu yakni tepat pukul 24.00 WIB, 12 November 2023,” terangnya.

Lebih lanjut ditambahkannya,
apabila hingga batas waktu tersebut APS tidak diturunkan maka Bawaslu bersama Satpol PP dan stakeholder terkait melakukan penertiban pada tanggal 13 November 2023 dilakukan ke berbagai tempat di wilayah Kabupaten Barsel dan sekitarnya.

“Apabila batas waktu penurunan APS tidak diindahkan oleh parpol peserta pemilu, maka Bawaslu bersama, , Satpol PP dan stakeholder terkait tetap melakukan penertiban APS pada tanggal 13 November 2023,” tutup Suwarsono. (Ton)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889