METROKalteng.com
NEWS TICKER

Anggota Parlement Fraksi PPP DPRD Barut Wardathun Nurjamilah Gelar Reses Ke Dapil III Tongka-Batu Raya

Sunday, 7 August 2022 | 4:51 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 0

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Kegiatan reses merupakan kegiatan anggota DPRD saat bekerja di luar gedung Parlement, Hal ini tersebut sesuai dengan konstituen di daerah pemilihan masing-masing. Pelaksanaan tugas reses ini guna menjaring, menampung, serta melaksanakan fungsi pengawasan yang juga dikenal sebagai kunjungan kerja.

Anggota Fraksi Partai Persatuan pembangunan (F-PPP) DPRD Barito Utarab(Barut), Wardathun Nur Jamilah menggelar kegiatan reses di daerah pemilihan (Dapil) III di Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang.

“Alhamdulillah dirinya (wardatun Nurjamilah,red) diberi kesempatan untuk bisa bertemu masyarakat di Desa Batu Raya I dalam rangka menyerap aspirasi mereka untuk diperjuangkan dan mendengarkan keluhan mereka terutama masalah akses jalan antara Kecamatan ke Batu Raya 1 dan 2,” kata Wardhathun Nur Jamilah saat melaksanakan reses di daerah tersebut, Minggu (7/8/2022).

Disebutkannya, bahwa saat awal tahun 2022 tepatnya pada bulan Januari, sempat dihebohkan dengan ambruknya jembatan di Desa Siwau. “Alhamdulillah jembatan itu sudah diselesaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pada bulan Juli kemarin dan saat ini sudah fungsional serta bisa dilalui oleh warga masyarakat untuk membawa hasil pertanian keibukota Kecamatsn maupun Kabupaten,”ungkapnya.

Lebih lanjut Nur Jamilah mengatakan,ada jalan penghubung yangnterputus diwilayah Desa Tongka – Batu Raya I, yang memang sudah kita wanti-wanti untuk segera ditanggulangi sebelum terjadi longsor pada saat Musrencam di Kandui.

“Beberapa titik tidak bisa di akses menggunakan kendaraan roda 4 dan menggunakan roda 2 pun cukup sult,untuk itu harus segera ditanggulangi sebelum kondisinya lebih parah lagi,” tuturnya.

Pada daat ini memang kalangan masyarakat setempat masih bisa menggunakan jalan alternatif yakni aksesnjalan perusahaan, tembus ke wilayah Tamparak Layung, namun jalan tersebut jika diguyur hujan tidak bisa dilalui karena kondisi jalan licin.

Dengan kondisi jalannrusak tentu berdampakn yang dirasakan oleh masyarakat karena terputusnya jalan tersebut, selain harga barang jadi lebih mahal, harga jagung yang merupakan komoditi utama masyarakat Batu Raya 1 dan 2 juga turun karena susahnya jalur ke desa tersebut, selain itu juga berimbas kepada urusan ke kecamatan dan pengobatan masyarakat yang memang harus di rujuk ke RSUD Muara Teweh.

Pemkab Barut melalui Dinas PUPR telah melakukan penanganan atau perbaikan jembatan Siwau yang berada di wilayah Kecamatan Gunung Timang.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik melalui Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR setempat, Dedi mengatakan, jembatan Siwau yang menghubungkan beberapa desa di wilayah Gunung Timang sudah selesai dilakukan penangana dan bisabdilalui fungsional.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Barut Dedi mengatakan,bahwa ruas jalan dari Tongka menuju Batu Raya saat ini masih belum bisa dilewati mobil karena ada beberapa titik longsor dan jembatan rusak parah yang belum dilakukan penanganan oleh Dinas PUPR. “Insya Allah dalam waktu dekat penananganan jalan dan jembatan di daerah itu segera kita lakukan penanganan sehingga aktifitas masyarakat kembali berjalan,” sebutnya, Kamis (28/7/2022) lalu.

Kalangan masyarakat sangat berterima kasih kepada Pemkab Barut yang sudah menyelesaikan perbaikan jembatan Desa Siwau itu dan sudah bisa dilalui untuk membawa hasil pertanian melalui jembatan tersebut.

Sehingga masyarakat setempat juga tetap berharap kepada Pemkab Barut melalui Dinas PUPR melakukan perbaikan jalan dan jembatan dari Tongka – Batu Raya agar masyarakat lebih mudah mengangkut hasil bumi ke ibukota Kecamatan.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889