METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pemdes Olung Nango Bangun Jalan Sistim Cor Beton Untuk Kelompok Tani

Sunday, 8 November 2020 | 2:07 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 74

Puruk Cahu, (METROKalteng.com) – Pemerintah Desa (Pemdes) Olung Nango, Kecamatan Tanah Siang, Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah (Kalteng) pada tahun 2020 melaksanakan item pembangunan akses jalan untuk para Kelompok Tani (Poktan). Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa (Kades) Olung Nango, Kunelius Kamboi kepada awak media Minggu, (8/11/2020).

Jalan Kelompok Tani yang dibangun dengan panjang 400 meter, lebar 2 meter dan ketebalan 20 centimeter sistim cor beton tersebut dibangun menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2020 sebesar Rp400 juta.

Sedangkan kemajuan proyek swakelola yang telah dilaksanakan tereaalisasi mencapai 95 persen, sehingga dalam waktu dekat akan segera rampung sesuai dengan harapan semua pihak.

Kades Olung Nango, Kurnelius Kamboi menjelaskan, pada tahun 2019 lalu Pemdes Olung Nango telah mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp600 juta yaitu membangun jalan bagi Poktan ,namun akses jalan menuju kearah tempat kegiatan Poktan masih ada kekurangan sekitar 400 meter, sehingga pada tahun 2020 ini, Pemdes Olung Nango menganggarkan kembali untuk pembangunan lanjutan jalan para Poktan tetsebut.

APBDes Olung Nango pada tahun 2019 lalu memang menganggarkan untuk lanjutan pembangunan akses jalan menuju kearah Poktan yang masih kurang sekitar 400 meter, sehingga pada tahun 2020 ini kita lanjutkan dengan mengalokasikan anggaran yang bersumber dari DD sebesar Rp400 juta. Pada prinsifnya kita akan rampungkan item pekerjaan tersebut sesuai harapan semua pihak,” tandas Kades Olung Nango, Kornelius Kamboi.

Dikatakannya, bahwa dalam waktu dekat pembangunan akses jalan kearah kegiatan para kelompok tani tersebut akan rampung dalam rentang waktu satu pekan kedepan, sehingga keberadaan akses jalan tersebut akan bisa dilalui secara fungsional, sebagaimana harapan semua pihak.

Dengan telah fungsionalnya akses jalan wilayah kereal Poktan, sehingga para petani tidak lagi terkendala dalam mengangkut dan memasarkan hasil panen ke ibukota Kabupaten Mura di Puruk Cahu. (Uzi)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

METROkalteng.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.