METROKalteng.com
NEWS TICKER

DiskominfoSantik Kalteng Menggelar Webinar KPCPEN Bertema Vaksin Dewasa Tingkatkan Imun Tubuh

Tuesday, 24 November 2020 | 6:12 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 177

Palangka Raya, (METROKalteng.com) – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Provinsi Kalteng) bekerjasama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar Webinar KPCPEN bertema “Vaksin Dewasa Tingkatkan Imun Tubuh”.

Kegiatan ini dilangsungkan di Gedung Smart Province (GSP) DiskominfoSantik Prov. Kalteng, dan diikuti seluruh peserta secara virtual dari tempat masing-masing, Selasa (24/11/2020).

Narasumber dalam Webinar ini yakni Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Provinsi Kalteng Agus Siswadi, S.Pd, M.Pd dan Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya drg. Yayu Indriaty, Sp. KGA. Acara ini dipandu oleh Pranata Humas Ferawati, S.Sos., M.Med.Kom.

Opening speech yang disampaikan Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Provinsi Kalteng Agus Siswadi mengatakan Webinar yang digelar saat ini merupakan fungsi dari Pemerintah untuk memberikan dan menyampaikan informasi yang objektif terkait dengan vaksin serta untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Covid-19.

Sementara, Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya drg. Yayu Indriaty, Sp. KGA menjelaskan tentang Vaksin Dewasa Tingkatkan Imun Tubuh. drg. Yayu Indriaty menyampaikan, para pakar mengestimasikan diperlukan waktu sedikitnya 12-18 bulan sejak bulan Maret 2020 untuk dapat diproduksi vaksin Covid-19 dan dipasarkan. Sampai saat ini sudah ada 8 jenis vaksin yang dikembangkan untuk melawan virus SARS-CoV-2 berdasarkan atas jenis antigennya.

Perkembangan Vaksin Covid-19 di Indonesia tentunya telah melewati tahapan Uji Klinik Fase 3 Vaksin Covid-19 di Indonesia yang dilakukan oleh kerjasama Sinovik dan Bio Farma. Setelah itu, dilakukan oleh Tim Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran dan ditargetkan Uji klinis selesai pada Januari 2023.

Hasil Laporan akan menjadi pertimbangan BPOM untuk memberikan Emergency Use Authorization (EUA) di akhir Januari. Vaksin Merah Putih terus dikembangkan dan di targetkan selesai pada akhir 2021. (Margareth/Adn)

Copyright© PT. Metro Kalteng Persada ( METROKalteng.com ) 2021