METROKalteng.com
NEWS TICKER

Sijago Merah Hanguskan 8 Ruang Bangunan SDN Melayu 4 Muara Teweh Dan 1 Rumhan Tunggu Bersalin Puskesmas

Thursday, 26 November 2020 | 1:12 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 191

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Peristiwa kebakaran terjadi di Kelurahan Melayu Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Kab-Barut) Kamis (26/11/2020) sekitar pukul 03.15 WIB dini hari meluluhlantakan bagunan SDN 4 Melayu Muara Teweh.

Akibat peristiwa kebakaran tersebut, api menghanguskan 8 ruangan gedung SDN Melayu 4 dan 1 bangunan rumah tunggu bersalin milik Puskesmas 4 yang berada di Jalan Cempaka Putih RT 25 Kelurahan Melayu Muara Teweh.

Berdasarkan informasi yang diterima dari seorang warga sekitar Sani (55) bahwa sekitar pukul 03.15 WIB, dirinya keluar dari rumah dan melihat api didalam sebuah ruangan bangunan SDN Melayu 4 dan ia langsung menghubungi Pemadam Kebakaran.

“Kobaran api begitu cepat merambah bangunan lain sekitar, yaitu rumah tunggu bersalin Puskesmas Melayu dan bangunan SDN Melayu 4. Pukul 03.20 WIB, Damkar dari Pemda Barut tiba di TKP dan langsung berupaya melakukan pemadaman,” tuturya.

Berdasarkan keterangan dari penjaga SDN Melayu 4, Rudi bahwa bangunan SDN Melayu 4 yang terbakar yaitu 7 ruangan kelas dan 1 kantor/ruangan guru serta 1 bangunan rumah tunggu bersalin milik Puskesmas setempat.

Beberapa bangunan yang hangus terbakar merupakan bangun fisik semi permanen, dalam upaya pemadaman tersebut, api dapat berhasil dipadamkan dengan dibantu 6 unit Damkar milik Pemda Barut, 5 milik unit BPBD Barut, 1 Unit MPA Teweh Baru, 1 unit mobil tangki PDAM Muara Teweh serta dibantu dari relawan peduli bencana Barut, TNI, Polri dan dibantu warga sekitar.

Dengan adanya musibah kebakaran tersebut, menyebabkan kerugian untuk korban jiwa tidak ada, sedangkan kerugian materil 7 ruangan kelas dan 1 ruangan kantor/guru SDN Melayu 4 serta 1 buah bangunan rumah tunggu bersalin Puskesmas Melayu yang ditaksir mencapai kerugian mencapai Rp1 miliar.

Sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelelidikan pihak Polres Barut dan lokasi kebakaran telah dipasang garis polisi.(Uzi )

Copyright© PT. Metro Kalteng Persada ( METROKalteng.com ) 2021