METROKalteng.com
NEWS TICKER

POLSEK KAHAYAN TENGAH AMANKAN KEGIATAN PEMBUKAAN RITUAL TIWAH KE 2 DI DESA SIGI

Friday, 29 November 2019 | 4:31 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 17

Pulang Pisau, (METROKalteng.com) – Polsek Kahayan Tengah melakukan Pengamanan dan monitoring Upacara Pembukaan Ritual Tiwah Agama Hindu Kaharingan Ke 2 di Desa Sigi Rt. 04, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Jum’at (29/11/2019).

Kapolres Pulang Pisau AKBP. Siswo Yuwono BPM, S.H. S.I.K., melalui Kapolsek Kahayan Tengah IPDA Rozikin, S.H. Mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan Ritual Tiwah agama Hindu Kaharingan ke 2 dan pelaksanaan Pengamanan ini dilakukan karena merupakan suatu Ritual Adat di Pulau Kalimantan Tengah Suku Dayak yang sangat sakral.

“Kami berharap dalam acara ini tidak terjadi keributan atau gangguan yang akan merusak dari pada kesakralan Ritual Adat tersebut,” ucapnya.

Karena Tiwah adalah suatu prosesi menghantarkan Roh leluhur, Anak, Saudara yang meninggal dunia ke alam baka dengan cara meyucikan dan memindahkan sisa Jasad dari Liang kubur menuju sebuah tempat yang bernama Sandung.

“Pengamanan kegiatan masyarakat dalam bentuk apapun adalah tugas Anggota Polri, karena kewajiban Polisi adalah memelihara agar situasi Kamtibmas tetap kondusif terutama dalam wilayah hukum Polres Pulang Pisau” Jelas Kapolsek.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Prov. Kalteng Sdr. Dr. GUNTUR TALAJAN, S.H, M.Pd Beserta Rombongan, Unsur Tripika Kecamatan Kahayan Tengah, Damang Kahayan Tengah Sdr. ADRIAN, Kapolsek Kahayan Tengah IPDA ROZIKIN, S.H, Danramil Kahayan Tengah KAPTEN SALAMUN, Kepala Desa Sigi Sdr. IMPING Beserta Perangkat, Ketua Panitia Tiwah Massal Sdr. SIUS B UNDAS Beserta Anggota Tiwah Massal dan Masyarakat Desa Sigi.

Dijelaskan pula, Tiwah adalah suatu upacara adat suku dayak yang diturunkan oleh para leluhur, sehingga perlu dijaga kelestariannya, jangan sampai punah karena zaman. Dalam pelaksanaannya pun memakan waktu hingga berhari-hari, sehingga Anggota Polri pun mempunyai kewajiban menjaga keberlangsungan upacara tersebut agar bisa berjalan lancara dan aman. (Red-MK)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889