METROKalteng.com
NEWS TICKER

Dengan Ditandai Prosesi Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Auditorium Hindu Kaharingan Center Dimulai

Friday, 29 July 2022 | 4:21 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 3

Palangka Raya, (METROKalteng.com) – Umat hindu kaharingan patut bersyukur atas dibangunnya auditorium Hindu Kaharingan Centre dan Balai Basara induk Kaharingan yang terletak di balai basara induk kaharingan, jalan Tambun Bungai No.5 Palangka Raya.

Dihadiri oleh stakeholder serta pengurus dan pimpinan organisasi agama dan keagamaan hindu Kaharingan provinsi Kalimantan Tengah, proses pembangunan dimulai dengan ditandai prosesi peletakan batu pertama yang dilaksanakan Jumat, (29/07/22) pukul 08.30 WIB.

Selain dibangunnya auditorium Hindu Kaharingan Center, nantinya akan dibangun juga beberapa sarana dan bangunan pendukung lainnya dilokasi yang sama seperti asrama putra/putri, bangunan sekolah hingga rumah kopel untuk basir/pinandita dan rohaniawan Hindu. Ini merupakan cita-cita dan harapan dari seluruh umat Hindu yang ada di provinsi Kalimantan Tengah.

Ketua Umum panitia pelaksana pembangunan Drs.Arton S Dohong yang diwawancara awak media seusai kegiatan dilaksanakan mengatakan “Melalui lembaga Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan dan Parasida Hindu Dharma Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, yang membantu dalam pembangunan pusat pendidikan dan budaya keagamaan hindu di Kalimantan Tengah yang menjadi cita-cita dalam pembangunan mental dan spiritual umat hindu di Kalimantan Tengah,” tutur Arton.

Dalam proses berjalan pembangunan auditorium tersebut, pembangunan tahap I telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah provinsi Kalimantan Tengah dalam hal ini Gubernur Kalimantan Tengah sebesar Rp.8.000.000.000,- (delapan milyar rupiah) dan bantuan dari Dirjen Bimas Hindu sebesar Rp.1.000.000.000,- (satu milyar rupiah). Dengan jumlah anggaran pembangunan yang diperlukan kurang lebih sebesar Rp.120.000.000.000,- (Seratus dua puluh milyar rupiah).

“Tentunya bantuan ini sangat berarti untuk pembangunan sarana dan prasarana umat hindu di Kalteng, dan kami mengakui anggaran dana tersebut masih belum mencukupi untuk menyelesaikan bangunan tersebut,” lanjut Arton.

Dirinya juga berharap ditahun depan untuk pembangunan ditahap ke II, pemerintah provinsi Kalteng dapat kembali membantu guna penyelesaian kedua bangunan gedung tersebut, sekaligus bangunan fasilitas pendukung lainnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada umat hindu yang berada di luar Kalteng yang telah ikut berpartisipasi baik dalam bentuk pemikiran dan dana melalui donasi yang hingga saat ini telah terkumpul dan tercatat donasi sebesar Rp.86.115.000,- ” pungkas Arton. (MF)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889