METROKalteng.com
NEWS TICKER

Serangkaian Acara Dalam Kebersamaan Antar Balai PUPR di Kalimatan Tengah Di Moment HUT RI Ke- 77

Saturday, 13 August 2022 | 8:14 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 1

Palangka Raya, (METROKalteng.com) – Sehubungan dengan menurunnya angka COVID-19 di Kalimantan Tengah dan dalam rangka menggelorakan semangat kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, UPT Kementerian PUPR di Provinsi Kalimantan Tengah yaitu Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Tengah, menyelenggarakan serangkaian acara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan secara luring, dengan mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Dalam rangkaian acara tersebut dilaksanakan berbagai jenis lomba seperti tenis meja, lomba gateball dan sepeda santai yang diikuti oleh seluruh UPT Kementerian PUPR yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah.

BPPW Kalimantan Tengah sebagai penyelenggara untuk perlombaan tenis meja mengadakan lomba di Kantor BPPW Kalimantan Tengah yang dilaksanakan pada 10- 11 Agustus 2022, dimana perlombaan tenis meja dibagi menjadi dua skema yaitu untuk tunggal putra dan tunggal putri. Pertandingan tenis meja tunggal putra dimenangkan oleh perwakilan dari BWS Kalimantan Tengah dan untuk pertandingan tenis meja tunggal putri dimenangkan oleh perwakilan dari BPPW Kalimantan Tengah.

Setelah serangkaian acara perlombaan olahraga telah dilakukan, acara dilanjutkan dengan kegiatan sepeda santai gabungan pada dilaksanakan pada hari Jumat (12/8/22) pagi, yang diikuti oleh seluruh para Pejabat dan segenap ASN serta pegawai pada UPT Kementerian PUPR di Provinsi Kalimantan Tengah salah satunya BPPW Kalimantan Tengah.

Acara puncak dari HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini adalah upacara, dimana setelah dua tahun Kementerian PUPR melaksanakan upacara secara daring, tahun ini upacara dapat dilaksanakan secara luring dengan tetap memenuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Upacara Peringatan HUT RI ke-77 dilaksanakan di Lapangan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Tengah Rabu, (17/8/22) pagi yang dihadiri oleh seluruh UPT Kementerian PUPR yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II. Para petugas dan peserta upacara menggunakan busana adat sebagai simbol persatuan dan kesatuan Indonesia.

Dalam amanat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang dibacakan oleh inspektur upacara dijabarkan 5 Agenda Besar Pembangunan untuk Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan pada Tahun 2023 mendatang, yakni: pertama adalah hiliralisasi dan industrialisasi sumber daya alam, kedua adalah optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau, ketiga yaitu perlindungan hukum, sosial, politik, termasuk pemberantasan korupsi, keempat pengembangan UMKM, dan kelima adalah menjaga keberlanjutan Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, sesuai dengan aturan Presiden yang diamanatkan pada Menteri PUPR bahwa tidak ada pembangunan baru kecuali atas perintah dan direktif Presiden, serta pentingnya program OPOR (Operasi, Pemeliharaan, Optimalisasi, dan Rehabilitasi) untuk memastikan setiap infrastruktur untuk Kawasan pariwisata, industri, hingga Kawasan pangan.

Mengakhiri amanat Menteri PUPR yang dalam hal ini disampaikan oleh inspektur upacara, mengingatkan agar seluruh insan PUPR untuk menanamkan karakter kuat, berani dan berjiwa seni. Kuat karena kompeten, berani karena berintegritas, berjiwa seni karena membutuhkan inovasi dan improvisasi dalam bekerja. Fighting spirit atau jiwa petarung yang tidak mudah menyerah menghadapi tantangan harus terus dipupuk dan dimiliki. Diingatkan pula dalam menyongsong pelaksanaan Pemilu tahun 2024, Kementerian PUPR tetap fokus bekerja dan tidak berpolitik.

Seusai Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, dilakukan pembacaan juara dari perlombaan yang telah diselenggarakan. Pembacaan dan pemberian piala dilakukan oleh masing-masing Kepala Balai pada UPT Kementerian PUPR di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Serangkaian acara perlombaan dan upacara ini dilakukan selain untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan semangat kemerdekaan, diharapkan juga dapat membangun keakraban dan kekompakan serta mempererat silaturahmi antar UPT Kementerian PUPR di Provinsi Kalimantan Tengah serta antar pegawai dan atasan.”pungkas Hariman Syaifullah, selaku Kepala Sub Bagian Umum dan Tata Usaha BPPW Kalimantan Tengah.(MF)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889