METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pengurus BATAMAD Masa Bakti 2020-2025 Tiga Kabupaten Resmi Dilantik

Saturday, 28 November 2020 | 5:24 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 521

Palangka Raya, (METROKalteng.com) – Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (BATAMAD) Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan pengukuhan dan pelantikan Komandan Brigade dan Pengurus Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak masa bakti 2020-2025 untuk tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Barito Timur (Bartim), Gunung Mas (Gumas), serta Lamandau, di Betang Hapakat jln RTA Milono Km 3,5 Palangka Raya Kalimantan Tengah Sabtu (28/11/2020) pagi.

Kegiatan ini diawali dengan peragaan kesenian khas dayak yaitu pertunjukan Kuntau yang dibawakan oleh sanggar Nansarunai yang berasal dari Bartim dengan melakukan atraksi membuka lawang sakepeng sebagai ciri khas Dayak dalam penerimaan tamu agung.

Panglima Batamad Yuandrias, Dipl.,PSC .,MA mengukuhkan dan melantik Hardy Calvijn Agoeh sebagai ketua Komandan Bartim, Inoni, S.Sos.,M.Si sebagai ketua Komandan Gumas dan Dedi Linando Amann sebagai ketua Komando Lamandau.

“Batamad sebagai organisasi Lembaga Dayak yang menjaga harkat dan martabat Dayak. Kekuatan dan kehormatan Dayak ada didalam kebersamaan dan kekompakan kita bersama didalam Lembaga Batamad bersa kita menjalankan lima tugas pokok Batamad yaitu : Menjaga Harkat dan Martabat utus Dayak, Menjaga kearifan Lokal suku Dayak, mengawal keputusan Damang dalam lembaga Adat, ikut serta menjaga keamanan dari seluruh masyarakat Dayak di Bumi Kalimantan Tengah serta turut menjaga keamanan Negara Indonesia, Bumi Pancasila,” ungkap Yuandrias dalam sambutannya.

Batamad sendiri adalah satu-satunya organisasi masyarakat yang ada di dalam peraturan daerah Provinsi NO 16 Tahun 2008 bersama dengan Dewan Adat Dayak serta Damang,serta Lembaga yang dinaungi oleh payung hukum.

Kegiatan ini turut dihadiri DAD wilayah Kalsel serta perwakilan anggota dari Banjarmasin, Banjar Baru dan Batola. Dalam sambutannya DAD Kalsel yang diwakilkan oleh wakil ketua Edi S Binti memberikan apresiasi atas inisiasi terlaksananya pelantikan ini, dimana organisasi ini sebagai integritas diri dan jati diri sebagai utus Dayak, serta sebagai wadah mempererat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam menjaga Harkat dan Martabat serta kearifan lokal suku Dayak.

Komandan DAD Lamandau Dedi Linando mengungkapkan pada prinsipnya kita adalah satu, melalui Batamad untuk merekatkan kebersamaan dan persatuan kita.Ke depan dengan harapan Batamad dapat menjadi wadah dan sarana sebagai kesatuan organisasi penggalang untuk eksistensi masyarakat Dayak, pungkasnya. (Margareth)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889