METROKalteng.com
NEWS TICKER

Mengusung Tema “Kelurahan Ku Bersih Narkoba” BNN Kalteng Menggelar Talk Show War On Drugs di Kelurahan Kereng Bangkirai

Friday, 11 June 2021 | 11:08 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 51

Palangka Raya, (METROKalteng.com) – Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar talk show War On Drugs di Kelurahan Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya, Kamis (10/6/2021) pagi.

Talk show edukasi dan informasi BNN Kalteng kali ini mengusung tema ‘Kelurahan Ku, Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba)” ini diikuti sebanyak 40 orang peserta, serta turut dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Perikanan, Dinas PERKIM, Lurah Kereng Bangkirai Fitriyaturrahman, Kecamatan serta pihak Stakeholder terkait lainnya.

Kepala BNN Provinsi Kalimantan Tengah Drs. Edi Swasono, MM., dalam sambutannya mengatakan, Talk show tersebut bertujuan dalam rangka mensinkronisasikan program desa Bersinar (Bersih Narkoba). “Kita akan mencanangkan Kelurahan Kereng Bangkirai ini menjadi file proyek pembentukan desa ‘Bersinar’ di wilayah Kalteng,” ujar Edi Swasono.

Dikatakan lebih lanjut oleh Edi Swasono bahwa, karakteristik dari desa bersinar itu tidak hanya murni bersih dari narkoba saja, melainkan sinkronisasi program dengan Stakeholder dan SKPD setempat juga harus selaras agar program yang dijalankan benar-benar terlaksana guna menciptakan Kelurahan yang mandiri dan sehat sehingga menciptakan lingkungan yang Ramah Anak dan remaja, Ramah Ibu serta Ramah terhadap lingkungan.

“Diharapkan Kelurahan Kereng Bangkirai ini menjadi sebuah contoh desa idaman, yang menciptakan desa yang Aman, kondusif, makmur, mandiri dan menjadi desa yang berswadaya,” tambahnya.

Edi Swasono juga mengatakan bahwa, Talk show tersebut merupakan langkah awal dari pihaknya untuk mewujudkan Kelurahan tersebut menjadi desa bersinar. “Kedepannya kita juga akan melaksanakan kegiatan-kegiatan lain seperti kegiatan sosial dan pelatihan teknis terkait dengan implementasi desa narkoba,” ungkapnya.

Disampaikan oleh Edi Swasono, bahwa pihaknya juga akan membentuk relawan anti narkoba dan memberikan program pelatihan terhadap agen pemulihan. Dirinya menyakini bahwa hal tersebut menjadi inti dasar , karena agen pemulihan adalah tindakan pertama penyelamatan terhadap masyarakat yang terpapar narkoba.

Hingga saat ini di wilayah Kalimantan Tengah telah terbentuk tiga (3) Kampung Bersinar yang terdapat di Kota Palangka Raya yaitu di Kelurahan Kereng Bangkirai, Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Kota waringin Barat.

Lurah Kereng Bangkirai Fitriyaturrahman yang dibincangi oleh awak media METROKalteng.com mengatakan. “Dengan dipilihnya Kelurahan Kereng Bangkirai sebagai Kampung percontohan Bersinar “Bersih dari Narkoba” bagi kelurahan wilayah lainnya, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Ini sekaligus menjadi tanggung jawab serta tantangan kami serta seluruh masyarakat di wilayah Kereng Bangkirai untuk terus berupaya memberantas Narkoba dan penyebarannya,” tutupnya. (Margareth)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889