METROKalteng.com
NEWS TICKER

Bupati Nadalsyah Deadline Target Pencapaian Vaksinasi Di Barut Hingga Akhir Desember 2021

Friday, 24 December 2021 | 2:58 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 3

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Bupati Kabupaten Barito Utara (Kab – Barut), H Nadalsyah melakukan peninjauan dalam pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Lahei I, Kecamatan Lahei, Jumat (24/12/2021).

Dalam melkukan peninjuan vaksinasi Bupati Nadalsyah didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Muhlis dan unsur FKPD dilingkup Pemkab Barut.

Pada pelaksanaan rangkaian kegiatan vaksinasi,turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoto, Kadis SosPMD Eveready Noor, unsur Tripika Kecamatan Lahei, Lurah Lahei, Kades Muara Inu, Kades Karendan, Kades Ipu dan sejumlah undangan yang turut hadir..

Untuk itu,Puskesmas Lahei I dalam wilayah kerjanya meliputi Kelurahan Lahei I, Desa Muara Inu, Bengahon, Rahaden, Muara Pari, Bengahon, dan Haragandang.

Dalam rangkaian peninjauan vaksinasi tersebut Bupati Barito Utara H Nadalsyah meminta jajaran Puskesmas Lahei I agar dapat mensosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat,khususnya di Kabupaten Barut.

“Bagi sejumlah desa yang dianggap mudah jalur transportasinya agar dapat dimaksimalkan, sedangkan untuk yang agak susah atau jauh nanti kita kejar di tahun depan,” pinta Bupati Barut,H Nadalsyah.

Bupati Nadalsyah juga meminta kepada Kadis Kesehatan agar target vaksinasi untuk Kabupaten Barito Utara yang ditetapkan sebesar 70 persen agar dapat tercapai. “Tinggal enam hari lagi, saat ini telah tercapai 64,37 persen tinggal 5,63 persen lagi,” tutur Bupati Nadalsyah.

H Koyem juga meminta kepada masyarakat di daerah ini khususnya warga Lahei I agar tidak termakan isu-isu atau hoax terkait vaksinasi. “Bila ada sakit sedikit/kram itu wajar saja, kalau lumpuh itu hanya isu,” jelas H Nadalsyah.

Dengan demikian,kepada kalangan masyarakat,khususnya yang masih belum bervaksin agar segera mendaftarkan diri untuk divaksin. “Beritahu keluarga, tetangga dan teman-teman, divaksin itu tidak sakit. Segera divaksin bagi yang belum, untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap Covid-19,” kata dia.

Bupati juga mengharapkan kepada seluruh pihak terkait, baik dari Pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat agar dapat mensukseskan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Barito Utara. “Mari bersama kita sukseskan pelaksanaan vaksinasi, agar tubuh memperoleh kekebalan terhadap Covid-19,” kmtukas H Nadalsyah.

Sementara Kadis Kesehatan Barito Utara H Siswandoyo mengatakan saat ini, capaian vaksinasi untuk Puskesmas Lahei I kurang dibandingkan dengan Puskesmas lainnya di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Kepala Dinas Kesehatan menjelaskan bahwa belum tercapainya target vaksinasi dikarenakan terkendala dalam mobilisasi masyarakat, utamanya sasaran vaksinasi. Mengingat luasnya wilayah kerja dan transportasi ke desa-desa terutama saat musim penghujan.

“Ada beberapa dusun/RT dalam beberapa desa yang transportasinya terkendala, disamping masyarakat yang masih enggan untuk di vaksin,” cetus H Siswandoyo.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889