METROKalteng.com
NEWS TICKER

Rejekinoor: Lomba Desa Sebagai Langkah Untuk Mrndorong Upaya Percepatan Pembangunan Masyarakat Pedesaan

Tuesday, 14 June 2022 | 1:23 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Puruk Cahu, (METROKalteng.com) – Desa Muara Jaan, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah (Kalteng) dinilai dalam kompetisi lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng) tahun 2022 ini.

Adapun acara dan penilaian dilaksanakan di kantor desa Muara Jaan. Hadir Wakil Bupati (Wabup) Mura Rejikinoor, Sekda Mura Hermon, tim penilai dari Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)Mura Asnawiyah, Camat Murung, Fitrianul Fahriman dan jajaran terkait serta warga desa setempat, Senin (13/6/2022).

Wabup Mura Rejikinoor dalam sambutannya menyampaikan, terselenggaranya lomba desa pada hari ini, mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 13 Tahun 2007 Tentang pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan.

Wabup Mura, Rejikinoor menghimbau dan mengharapkan, agar melalui pelaksanaan lomba desa ini semua komponen masyarakat dari berbagai unsur yang ada di desa, kiranya dapat menunjukan jati diri sebuah desa dengan cara membaur dan melibatkan diri untuk mendorong pembangunan ditingkatkan pedesaan.

Untuk memberikan semangat rasa gotong royong dan bahu membahu, bekerjasama, berpartisipasi, kompak dan solid secara utuh dalam rangka meningkatkan kemajuan pembangunan yang menjadi harapan kita bersama, sebagaimana desa dan masyarakat dalam kesehariannya tercermin pada saat penilaian lomba desa ini berlangsung digelar.

Sehingga salah satu komitmen yang dilakukan pemerintah sekarang, tegas Wabup, adalah mendorong percepatan pembangunan di desa. Karena indikator keberhasilan pembangunan di suatu daerah tertentu dapat terlihat dari keberhasilan pembangunan di Desa. “Kemajuan suatu daerah atau Kabupaten sangat tergantung dari kemajuan desa-desa yang ada pada Daerah tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Kadis PMD Provinsi Kalteng Aryawan yang diwakili oleh Bernie Saputra selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, mengatakan, pada hari ini, Desa/Kelurahan ini telah terbukti berhasil melaksanakan program pembangunan untuk memajukan Desa/kelurahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan diperolehnya predikat juara I tingkat Kabupaten/Kota ini.

Sebagai salah satu tugas pokok pemerintah dalam rangka mengevaluasi perkembangan masyarakat, perlombaan Desa dan Kelurahan yang dilaksanakan setiap tahun merupakan hal penting dilaksanakan.

“Dengan melalui lomba ini efektifitas kebijakan dan program-program pembangunan yang telah dilaksanakan serta hasil pembangunan dan pemberdayaan dapat dievaluasi secara komprehensif, integral dan terkoordinasi sehingga dapat diketahui progres dan kemajuan masyarakat sebagai dampak positif perkembangan yang diukur secara rutin dan berkala,” tandasnya.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889