METROKalteng.com
NEWS TICKER

Bupati Perdie Minta Camat ,Lurah dan Kelompok Masyarakat Untuk Bersatu Padu Cegah Stunting

Sunday, 2 October 2022 | 10:19 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 1

Puruk Cahu, (METROKalteng.com) – Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya ((Kab-Mura) melaksanakan kegiatan posyandu akbar tahun 2022 yang berlangsung dilaksanakan bertempat GOR Futsal Tana Malai Tolung Lingu (TMTL) Puruk Cahu, Sabtu (1/10/2022).

Adapun keberadaan Posyandu Akbar, dengan mengusung thema Lindungi Anak Kita Dari Stunting Dengan Rutin Ke Posyandu. Kegiatan ini dibuka Bupati Mura Perdie M. Yoseph yang dihadiri oleh Ketua TP- PKK Mura, Ny. Lynda Kristiane Perdie, Wakil ketua II DPRD Mura, Rahmanto Muhidin, Camat Murung Fitrianul Fahriman, serta beberapa Kepala OPD di lingkup Pemkab Mura.

Dalam paparannya Bupati Mura, Perdie M. Yoseph dalam sambutannya mengatakan, kunci pencegahan dan penanganan kasus stunting adalah di 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK), sehingga perhatian kepada ibu hamil dan balita di bawah dua tahun (Baduta) perlu terus ada perhatian serius terkait asupan makanan bergizi dan vitamin dan nabati.

“Karena peran Posyandu dalam pencegahan dan penanggulangan stunting sangatlah penting, khususnya upaya pencegahan stunting pada masa balita. Melalui pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita yang dilakukan melalui pengisian kurva KMS, balita yang mengalami permasalahan pertumbuhan dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga tidak jatuh pada permasalahan pertumbuhan kronis atau stunting,” pungkas Bupati Perdie.

Sehingga Bupati Perdie berharap agar peran aktif posyandu di tingkat desa/kelurahan, bidan dan petugas gizi Puskesmas bersama dengan kader di masing-masing desa/kelurahan untuk melakukan penelusuran terhadap bayi dan balita yang berpotensi stunting, yaitu Balita 2 bulan berturut-turut Berat Badan Tidak Naik, Balita dengan Gizi Buruk dan Gizi Kurang, Balita penderita penyakit kronis TBC dan Alergi serta Balita dengan gangguan metabolisme.

“Bupati perdie berharap kepada Camat dan Lurah, agar memfasilitasi dan mengkoordinir desa dan kelurahan dalam melaksanakan upaya penanggulangan pencegahan stunting. Balita yang berpotensi stunting ini harus ditangani secara dini dan bersama, tidak hanya oleh petugas kesehatan, namun juga melibatkan kelompok kegiatan masyarakat, seperti TP-PK,” pinta Bupati Perdie M Yoseph.

Disebutkan pula bahwa di kelurahan Beriwit memiliki 5 posyandu yaitu Posyandu Asoka Ria, Delima, Anggrek, Cherry dan Mawar.

“Adapun Posyandu ini setiap bulan di kelurahan melayani sekitar 200 sampai 300 orang balita, sehingga dengan adanya kegiatan posyandu akbar ini diharapkan dapat memperbanyak sasaran pelayanan dan dihatapkan agar setiap kader posyandu dapat meningkatkan pelayanan,”tandas Lurah Berwit, Kecamatan Murung, Khalis Ilmi.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889