METROKalteng.com
NEWS TICKER

Wabup Mura Rejikinoor Mengajak Komponen Masyarakat Untuk Mengantisipasi Karhutla

Wednesday, 21 July 2021 | 5:39 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 28

Puruk Cahu, (METROKalteng.com) – Wakil Bupati Kabupaten Murung Raya (Wabup Kab-Mura), Rejikinoor mengajak kalanagan masyarakat, khususnya warga yang berdomisili dibumi Tanah Malai Toling Linngu untuk mencegah akan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karthutla) sekaligus meminimalisir dampak akibat kebakaran hutan yang merugikan kondisi kesehatan masyarakat luas yang disebabkan terjadinya kabut asap.

Disebutkannya, pihak Pemkab Murah akan mengedepankan upaya pencegahan dini dan jauh lebih baik daripada penanggulangan bencana itu sendiri jika telah terjadi.

‚ÄúTentu Pemkab Murah akan memproritaskan kegiatan pencegahan dan mencari solusi yang konprehenshif dan permanen untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, utamakan langkah koordinasi yang intensif seluruh lapisan dan komponen hingga ke tingkat Kecamatan, Kelurahan, Desa, Dusun, RT dan RW ,” tandas Wabup Mura, Rejikinoor baru-baru ini.

Wakil Bupati Mura yang juga kerap disapa Kinoi juga mengatakan, bahwa bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan berdampak luas baik pada aspek kesehatan dan aspek ekonomi didaerah dan juga dalam domestik dan bahkan kemacanegara (negara tetangga).

Untuk itu, Wabup Rejikinoor mengajak kepada elemen masyarakat agar warga secara menyeluruh termasuk pihak perusahaan dan masyarakat bersama tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat dan instansi terkait agar dapat saling bahu membahu dalam upaya mencegah dan menanggulangi akan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan.

Wabub Rejinoor juga mengajak untuk bersama-sama turut serta dalam upaya mengantisipasi kebakaran agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat. “Kami minta semua pihak dapat berkoordinasi dan siaga agar tidak terjadi bahaya kebakaran, khususnya di Wilayah Kabupaten Mura,” pintanya. (Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889