METROKalteng.com
NEWS TICKER

SMAN-1 Sepang Gelar Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan SNMPTN/SBMPTN Dan Syarat Kelulusan

Friday, 25 March 2022 | 4:56 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 6

Gunung Mas, (METROKalteng.com) – SMA Negeri 1 Sepang mengadakan kegiatan sosialisasi pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan sosialisasi tentang Syarat Kelulusan, Jum’at, (25/3/2022).

Pada kegiatan sosialisasi yang di gelar di ruang Aula SMAN-1 Sepang tersebut diikuti oleh sejumlah orang tua wali murid kelas XII tahun pelajaran 2021/2022, Ketua Komite SMAN-1 Sepang dan Lurah Sepang Simin dengan penerapan protokol kesehatan.

Kepala SMAN-1 Sepang, Suyono, S.Pd., M.Pd, mengatakan bahwa pada tahapan penerimaan mahasiswa baru ada 3 mekanisme yang dijalankan yakni, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Jalur Mandiri.

“Kepada orang tua/wali siswa kelas XII untuk terus menjalin berkomunikasi kepada putra putrinya agar tidak terjadi perbedaan pendapat dan keinginan. Kepala sekolah juga menghimbau agar pilihan jurusan tidak hanya disesuaikan dengan keinginan, tetapi juga sesuai nilai dan kemampuan yang dimiliki siswa,” kata Suyono.

Lebih lanjut ia menyampaikan terkait kereteria kelulusan SMAN-1 Sepang. Berdasarkan Surat Edaran Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dengan nomor 421/0349/DISDIK/II/2022 tanggal 16 Februari 2022 yaitu, menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari kelas X – XII. Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal “B” (Baik) termasuk ketidakhadiran siswa maksimal 24 hari tampa keterangan / 1 tahun. Mengikuti US yang diselenggarakan dengan formulasi perhitungan nilai akhir US mata pelajaran US yang ada nilai teori dan praktik diberi pembobotan nilai teori 60% dan nilai praktik 40%. Formula nilai akhir dengan pembobotan nilai US 40% dan nilai rata-rata raport semester I, II, III, IV, V dan VI 60%.

“Bagi siswa yang nantinya diterima melalui jalur SNMPTN dimohon untuk tidak mengundurkan diri. Pihak sekolah siap untuk memfasilitasi siswa yang ingin berkonsultasi mengenai proses dan pemilihan program studi di Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Suyono pun berharap agar siswa kelas XII diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalani proses belajar dan dapat diterima di Perguruan Tinggi yang diinginkan. (Red)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889