METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pelestari Kesenian Dongkoi Barito Utara Irma Iriani, Raih Anugrah Kebudayaan Indonesia

Thursday, 20 January 2022 | 11:39 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 5

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Pemerintah Kabupaten Barito Utara mendapatkan penghargaan Kategori Pelestari dalam Acara Pemberian Anugerah Kebudayaan Indonesia, yang bertempat di Aula Rumah Jabatan Barito Utara, Kamis (20/01/2022).

Penganugerahan Pelestari diberikan kepada Irma Iriani yang ditetapkan sebagai penerima Anugerah Kebudayaan kategori pelestari karena dedikasi serta komitmen dalam pelestari kesenian dongkoi melalui Tradisi lisan budaya daerah. Penghargaan ini sangat istimewa karena kategori Pelestari hanya diberikan kepada 6 Kabupaten di seluruh indonesia salah satunya Kabupaten barito utara.

Anugerah Kebudayaan Indonesia merupakan apresiasi bidang kebudayaan kepada perorangan, komunitas dan lembaga yang memiliki komitmen tiada henti dalam upaya pelestarian dan pengembangan Kebudayaan Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan ini dari 7 kategori yaitu gelar tanda kehormatan, Pelestari, Pencipta dan Pelopor, Maestro Seni Tradisi, Anak dan Remaja serta Pemerintah Daerah.

Para penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia tersebut, sebelumnya telah melewati beberapa tahapan diantaranya tahap seleksi baik administrasi maupun substansi, visitasi dan verifikasi lapangan dengan melihat kesesuaian kriteria, keistimewaan karya, intensitas dan konsistensi bidang keahlian yang ditekuni.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah menyampaikan dukungannya serta mengapresiasi kegiatan ini terhadap pelaku Budaya di Kabupaten Barito Utara.

“Saya Atas nama Kabupaten Barito Utara dalam hal ini sangat mendukung dan berterimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terhadap pelaku Budaya di Kabupaten Barito Utara, dalam hal ini Anugerah Kebudayaan yang diberikan kepada Ibu Irma Iriani, selaku pemelihara adat Dayak seni tradisi lisan dongkoi”, ucap H. Nadalsyah. (Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889