METROKalteng.com
NEWS TICKER

Sekjen DPD PM TBBR Barito Utara, Edi: Adat Istiadat Merupakan Identitas Budaya Yang Yidak Dapat Terpisahkan

Sunday, 26 November 2023 | 6:40 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 86

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Sekjen DPD PM TBBR Barito Utara Edi mengatakan, adat istiadat merupakan identitas budaya yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat adat Dayak. Ia juga menyebut bahwa adat juga harus dijadikan panglima dalam hidup orang Dayak.

Salah satu upaya dalam mewujudkan komitmen tersebut, adalah dengan terus mempertahankan adat istiadat warisan leluhur yang merupakan identitas utama masyarakat adat Dayak.

“Agar semuanya dapat berjalan dan berkembang dengan baik, maka perlu adanya koordinasi dan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak,” kata Edi pada acara Ritual Ulang Tahun Keramat Sipung Rongan yang dilaksanakan di Desa Muara Mea Kecamatan Gunung Purei, Jum’at 24/11/2023.

“Untuk itu Dewan Pimpunan Daerah PM TBBR Barito Utara pada tgl 24-25 November 2023 melaksanakan Ritual Ulang Tahun Keramat Sipung Rongan yang dilaksanakan di Desa Muara Mea Kecamatan Gunung Purei,” tutur Edi.

Dalam kegiatan tersebut, PM TBBR Barito Utara mengundang seluruh anggota PM TBBR Barito Utara, DPD yang ada di DAS Barito, yaitu DPD Barsel, DPD Bartim, DPD Mura serta DPD kota Palangkaraya, DPD Kutai Barat dan juga di hadiri Perwakilan DPP PM TBBR Pusat Panglima Pantak Sembilan.

DPD PM TBBR Barito Utara saat ini yang di pimpin oleh Plt Mangku Slmadi Jaya mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan partisipasi anggota baik anggota yang bergelar Serta pengurus PAC Se Barito Utara. “Untuk panitia tahun ini langsung di pimpin ketua PAC PM TBBR Gunung Purei, Dedi Kiswanto,” tutupnya. (Toni)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889