METROKalteng.com
NEWS TICKER

Plt Kadistan Gelar Pertemuan Rutin Dengan BPP Barut

Wednesday, 20 January 2021 | 3:26 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 131

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Distan Kab-Barut) Senin (18/1/2021) lalu melaksanakan pertemuan rutin dengan BPP Kandui, Kecamatan Gunung Timang, pertemuan tersebut dihadiri jajaran Distan Barut yang juga diikuti semua Penyuluh Pertanian, Petugas Teknis dan Penyuluh Swakarsa se Gunung Timang. Pertemuan dilaksanakan bertempat dilokasi kebun bibit buah-buahan di kilometer 55 ruas jalan nasional Muara Teweh – Banjarmasin.

Plt Kadis Pertanian Barut, Syahmiludin A Surapati menegaskan, Distan Barut menggelar pertemuan rutin dengan BPP Kandui, adapun dilaksanakannya pertemuan tersebut yaitu dalam rangka evaluasi pelaksanaan kegiatan pertanian tahun 2020 dan programa pertanian 2021 yang berada di WKPP BPP Kandui yang membawahi 16 Desa yang tersebar di Kecamatan Gunung Timang.

Pada moment dan kegiatan tersebut ,Distan Barut menyerahkan bantuan berupa Kostra Tani 1 unit paket komputer lengkap dengan modem untuk mendukung input data dan laporan pertanian secara rutin yang diminta oleh Kementerian Pertanian pusat di Jakarta.

“adapun bentuk Kostra Tani adalah semacan pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat Kecamatan yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran BPP dalam mewujudkan kedaulatan pangan didaerah ,” tukas Syahmiludin A Surapati.

Sedangkan dananya bersumber dari APBD Kabupaten Barut dan juga diserahkan paket bantuan saprodi pertanian bagi 16 orang penyuluh pertanian swadaya untuk membuat demplot pertanian di wilayah kerjanya.

Sehingga dengan melalui demontrasi percontohan yang dilakukan oleh penyuluh swadaya yang direkrut dari kalangan pemuda tani, tokoh tani,penggiat dan pelaku kegiatan petanian yang sudah menjadi panutan masyakat di desanya.

Dengan demikian sangat diharapkan dapat menjadi panutan langsung yang bisa menggugah semangat dan membangkitkan spirit dan kemauan dari para petani, poktan yang ada untuk betul-betul menekuni kegiatan usaha tani dengan serius.

“Sistem pembinaan semacam ini dinilai sangat efektif dan lebih mudah mengajak masyarakat tani utk ikut secara aktif melaksanakan program pertanian, karena secara nyata ada bukti dan contoh keberhasilan yang bisa mereka lihat secara langsung,” kata dia.

Lebnih lanjut Syahmiludin menjelaskan bahwa pola semacam ini yang sebetulnya sudah dilakukan oleh pimpinan yang kita banggakan Bapak H Nadalsyah baik beliau sebagai pribadi maupun Bupati Barito Utara.

“Kita bisa datang berkunjung untuk melihat bukti nyata didalam keberhasilan membaca peluang usaha tani sekaligus inovasi dalam pemanfaatan lahan pertanian seperti yang ada di base camp perusahaan yang kini dikelola oleh Putera Beliau di Desa Paring Lahung,” ucapnya.

Disana kata Syahmiludin kita bisa melihat suatu model usahatani terpadu yang sangat berhasil dan menjanjikan untuk sumber mata pencaharian dan memperbaiki taraf hidup, seperti Usaha Peternakan Ayam, Kebun Jagung, Kebun Jahe hingga Kolam Budidaya ikan yang dipenuhi oleh ikan ikan air tawar seperti Patin, Nila, Baung dan Mujair.

Sosok beliau yang sudah kita ketahui sukses dalam segala bidang masih tetap mau berusaha tani kenapa kita yang memang masih menggantungkan sumber utama penghidupan dari sektor pertanian malah kurang bersungguh sungguh dalam kegiatan usahatani.

“Kata kunci untuk berhasil adalah mau bekerja keras, tidak mudah putus asa dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan usaha tani dan harus mampu dan bisa,” pinta PLT Kadistan Barut, Syahmiludin A Surapati. (Uzi)

Copyright© PT. Metro Kalteng Persada ( METROKalteng.com ) 2021