METROKalteng.com
NEWS TICKER

Peringati Hari Jadi ke 72 Barut, Bupati Nadalsyah Bertindak Selaku Inspektur Upacara

Wednesday, 29 June 2022 | 2:56 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab-Barut) memperingati Hari Jadi ke 72 Kabupaten Barito Utara tahun 2022, di arena Tiara Batara Muara Teweh, Rabu, 29 Juni 2022. Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Barut, H Nadalsyah.

Sebelum digelarnya peringatan Hari Jadi ke 72 Kabupaten Barut, terlebih dahulu dipaparkan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Barut oleh Ketua DPRD Barut,Hj Mery Rukaini.

Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 72 Barito Utara dihadiri Sekda Provinsi Kalteng, Drs H Nuryakin, Wakil Bupati Barito Utara, Bupati se Kalteng (mewakili), mantan bupati dan wakil bupati Barit, Ketua DPRD Paser Provinsi Kaltim, Sekda Barit, Ketua dan Wakil Ketua serta DPRD Barut, unsur FKPD, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barut dan sejumlah undangan yang juga turut hadir.

“Dua tahun setengah kita mengalami pandemi Covid-19, dan Alhamdulillah atas izin Allah SWT, Kabupaten Barut berada pada PPKM level satu, sehingga dapat melaksanakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Barut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tutur Bupati Barut H Nadalsyah, Rabu (29/6/2022).

“Saya atas nama pribadi dan Pemkab Barut menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi ke 72 Kabupaten Barito Utara tahun 2022. Seiring bertambahnya usia, semoga Kabupaten Barut bisa dan mampu menjadi kabupaten yang berdaya saing tinggi dan memberikan pelayanan prima, dan kondisi masyarakat baik dan sejahtera,” ujar H Bupati H Nadalsyah.

Untuk thema peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Barito Utara tahun 2022 ini adalah ”Barito Utara Kuat, Masyarakat Sehat, Ekonomi Tumbuh Pesat”.

Hal ini kata bupati Nadalsyah sejalan dengan kinerja pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan kita harus memangkas (refocussing) anggaran tahun 2021 dan 2022 yang sedang berjalan ini.

Semua katanya dilakukan dalam upaya Pemerintah Kabupaten Barito Utara mempercepat pemulihan kesehatan masyarakat dan perekonomian masyarakat Kabupaten Barito Utara.

“Pandemi Covid-19 ini sangat menguji ketangguhan dan keuletan kinerja kami selaku Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam mencari solusi yang terbaik guna pulihnya ekonomi masyarakat yang terpuruk di hantam pandemi Covid-19,” ucapnya.

Berkat kerjasama dari seluruh perangkat daerah dan didukung kerjasama yang baik dari legislatif, unsur forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Barito Utara dan seluruh instansi vertikal yang ada di Kabupaten Barito Utara.

Pada kesempatan itu juga bupati Nadalsyah menyampaikan bahwa Kabupaten Barito Utara memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Barito Utara 8 (delapan) kali berturut-turut.

Selain itu Barito Utara juga meraih predikat “B” dalam penilaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Kemudian, penghargaan dari Badan Pengawasan Pembangunan dan Keuangan (BPKP) perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah untuk pencapaian kapabilitas APIP level 3. “Pemkab Barito Utara mengikuti pemecahan rekor MURI dalam kategori pembuatan tumpi atau makanan tradisional khas Barito Utara dengan jumlah peserta 1000 orang,” kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini.

Bupati juga mengatakan untuk sektor kelistrikan, 77,66 persen dari wilayah Kabupaten Barito Utara telah dialiri listrik PLN yaitu sebanyak 80 dari total 103 desa/kelurahan di Kabupaten Barito Utara.

Sedangkan untuk sektor infrastruktur, bandara H Muhammad Sidik Muara Teweh tahun lalu telah diresmikan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

“Sekarang ini sudah ada penerbangan dengan pesawat ATR-76, Jembatan Pangulu Iban penghubung Muara Teweh dengan Kelurahan dan Jambu,” kata H Koyem.

Selanjutnya pembangunan gedung rumah sakit umum daerah (RSUD) Wing C sudah beroperasi dan Wing B kita akan perjuangkan untuk tahap penyelesaiannya yang seyogyanya di anggarkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mantan bupati dan wakil bupati, tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, insan pers, dan seluruh elemen masyarakat, baik yang masih hidup maupun telah tiada, atas pengabdian, sumbangsih pemikiran, dan peran sertanya membangun kabupaten Barut yang semakin maju,” sebut Bupati Nadalsyah.

Lebih lanjut Nadalsyah melalui momentum Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ke 72 tahun 2022 ini dirinya mengajak kepada kita semua untuk bersatu padu untuk memberikan dharma bhakti terbaik untuk Kabupaten Barito Utara yang sama-sama kita cintai dan banggakan ini.

“Saya yakin dan percaya bahwa Kabupaten Barut dalam beberapa tahun kedepan akan menjadi kabupaten yang maju dengan segenap potensi sumber daya yang dimiliki Kabupaten Barut,” jelasnya.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889