METROKalteng.com
NEWS TICKER

Moment HUT TNI ke-77, Kodim 1013/Mtw Melaksanakan Pelayanan KB Untuk Masyarakat

Friday, 30 September 2022 | 6:10 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 1

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-77 tahun 2022 ini, Kodim 1013/Mtw melaksanakan kegiatan pelayanan KB serentak TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu yang difokuskan di UPT Puskesmas Benao, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Jumat (30/09/22).

Pada rangkaian kegiatan turut hadir Dandim 1013/Mtw, Pasi Ter Dim 1013/Mtw, Camat Lahei Barat Adi Suwarman, Tim BKKBN Provinsi, Danramil 06 Lahei, Mewakili Polsek Lahei, Kapuskesmas Lahei Barat, Ketua Persit Kodim 1013/Mtw Cabang XXXIX beserta pengurus, sejumlah Kepala Desa jajaran Kecamatan Lahei Barat serta kalangan masyarakat pedesaan.

Dandim 1013/Mtw, Letkol Inf Edi Purwoko pada saat dilaksanakannya kegiatan tersebut menyebutkan, bahwa kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan ini digelar serentak seluruh Indonesia dalam rangka HUT TNI ke 77 tahun 2022 hasil kerjasama TNI dan BKKBN, guna mensukseskan program pemerintah pusat yang ditindaklanjuti oleh Pemerintah daerah.

“Ini juga merupakan salah satu wujud kepedulian TNI khususnya Kodim 1013/Mtw bersama instansi terkait lainnya dan seluruh komponen bangsa dalam rangka membantu meningkatkan tingkat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia” tegas Dandim 1013/Mtw.

Sementara pelaksanaan pelayanan KB juga dilaksanakan di beberapa Koramil seperti Koramil 1013-05/Gunung Purei. Dimana Danramil Lampeong Lettu Inf Jinal bersama rekan Babinsa lainnya bersinergi melaksanakan pendampingan sekaligus membantu sosialisasi protokol kesehatan pada kegiatan Safari Program KB kesehatan di UPTD Puskesmas Kecamatan Gunung Purei, Jumat (30/9/2022).

Pendampingan yang dilakukan Babinsa ini guna mendorong para peserta KB baru untuk lebih aktif ber KB. Hasil yang didapat dalam pelayanan tersebut KB kesehatan 56 orang jenis KB yang di gunakan, suntik KB 3 bulan sebanyak 36 orang dan pil kombinasi berjumlah sebanyak 20 orang.

Danramil Lettu Inf Jinal mengungkapkan, bahwa Safari Program KB dalam rangka menyambut HUT TNI ke-77 tahun 2022, ini merupakan salah satu program dari komando atas berupa program TNI manunggal KB kesehatan dan dilaksanakan secara rutin. Adapun kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama TNI dan BKKBN.

“Untuk itu, sangat diharapkan Babinsa bisa dan mampu menjadi pelopor dalam pencarian akseptor KB serta dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan dan melaksanakan KB baik pria dan wanita yang ada di wilayah tugas dan merupakan tanggungjawab wilayah masing-masing” ujarya.

Disebutksn pula, bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu program untuk membantu Puskesmas di wilayah untuk mendorong pelaksanaan KB di tengah masyarakat, khususnya diwilayah Kabupaten Barut.

“Sehingga kami sebagai Danramil dan Babinsa juga bisa memberi contoh secara pribadi dalam keikutsertaan mensukseskan program pemerintah dua anak cukup melalui program KB,”pintanya.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889