METROKalteng.com
NEWS TICKER

Bupati Barut H. Nadalsyah Pimpin Mediasi Terakhir Antara Batamad Dengan PT. MPG

Friday, 10 June 2022 | 2:39 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah kembali memimpin rapat mediasi antara Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Barito Utara dan PT Multi Persada Gatramegah (MPG) yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Bupati.

Mediasi terakhir ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekda, Kepala Perangkat Daerah, Ketua DAD dan jajarannya, Komandan Batamad dan jajarannya, manajemen PT. MPG, dan undangan lainnya, Jum’at, (10/06/2022).

Bupati Barito Utara meminta kepada kedua belah pihak untuk mengesampingkan ego masing-masing, akan tetapi kita mencari solusi damai dengan cara memenuhi seluruh putusan peradilan adat. Dari mediasi tersebut, perwakilan pimpinan PT. MPG menyampaikan dengan disetujuinya hasil mediasi ini tidak akan ada tuntutan hukum adat/positif.

Sementara Ketua Brigade Batamad menyampaikan kesanggupan PT. MPG memenuhi putusan peradilan hukum adat terkait jumlah bahanoi yakni sebesar 3.016 bahanoi. Sedangkan Ketua DAD menyampaikan kesepakatan bahwa tidak ada tuntutan dalam bentuk apapun. Mewakili lembaga adat, Ketua DAD sangat mengapresiasi Bupati Barito Utara dan jajaran untuk memfasilitasi mediasi terakhir antara kedua belah pihak.

Bupati Barito Utara menyampaikan bahwa dengan telah disepakati oleh kedua belah pihak, diharapkan tidak ada lagi tuntutan dalam bentuk apapun dalam permasalahan ini. “Sehingga suasana di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan tetap sejuk, aman dan kondusif,” kata H. Nadalsyah.

Akhirnya dengan mediasi yang panjang selama ini permasalahan antara Batamad dan PT. MPG dinyatakan sepakat, damai dan tidak ada lagi tuntutan dalam bentuk apapun. “Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan terimakasih kepada kedua belah pihak yang telah menyepakati hasil mediasi terakhir ini,” kata H. Nadalsyah.

Bupati juga berpesan kepada pihak Lembaga Adat, Batamad dan ormas yang ada di Barito Utara untuk mendukung segala bentuk investasi pihak perusahaan di Barito Utara untuk terciptanya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (Red/Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889