METROKalteng.com
NEWS TICKER

Persiapan Pelaksanaan Bupati Bartim Cup I Tahun 2024 Sudah Mencapai 70 Persen

Thursday, 4 July 2024 | 3:25 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 6

Tamiang Layang, (METROKalteng.com) – Kejuaraan Olahraga bertajuk Bupati Barito Timur Cup I Tahun 2024 sudah mencapai 70% berjalan. Ketua Panitia pelaksana sampaikan struktur kegiatan dari persiapan rangkaian kegiatan hingga jadwal penentuan.

Hal tersebut guna memeriahkan berbagai perlombaan di momen Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Barito Timur yang ke-22 dan HUT Republik Indonesia yang ke- 79 dengan gebrakan yang luar biasa dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Barito Timur dalam mencapai visi misi mewujudkan Olahraga yang maju dan unggul.

Memperingati HUT RI dan Kabupaten Barito Timur, Pemkab Barito Timur bekerjasama dengan KONI Barito Timur melalui tim panitia yang dibentuk melaksanakan Kejuaraan Olahraga Se- Kabupaten Barito Timur.

Ketua Panitia Bupati Bartim CUP I 2024, Erwin Nakalelo menjelaskan bahwa
Kejuaraan olahraga Bupati Barito Timur pertama ini dalam persiapannya sudah mencapai 70%, dengan struktur kegiatan ada beberapa kategori perlombaan di kategori A yakni antar SKPD, badan lembaga, organisasi dan juga direksi perusahaan. Kemudian dikategori B adalah antar masyarakat mewakili Kecamatan masing-masing.

“Dari kegiatan tersebut ada dua trofi juara umum yang akan diberikan nanti sebagai penghargaan kepada mereka yang juara dengan beberapa sistem yang kita siapkan,” ucap Erwin Didampingi Wakil Sekretaris KONI Bartim, Endang Kasumawati dan Kabid Bidang Promosi dan Publikasi Edy Purnando, di kantor sekretariat KONI, Kamis (04/07/2024).

Erwin, yang juga menjabat sebagai Sekretaris KONI Bartim menjelaskan bahwa Panitia Bupati Bartim CUP I 2024 sampai hari ini masih buka pendaftaran dan kemungkinan akan berakhir besok tanggal 5 Juli 2024 dikarenakan peserta pendaftaran sangat banyak sampai hari ini itu tercatat sudah sekitar 160 peserta kelas cabang olahraga yang mendaftar dan banyak lagi akan menyusul.

“Mengenai kegiatan ini akan dilaksanakan pada acara pembukaan tanggal 15 Juli 2024 yang teknikal meeting nya akan kita persiapkan nanti kita rapatkan bersama. Kemudian untuk cabang olahraga itu tetap enam cabang olahraga kita selenggarakan, yaitu ada Badminton, Tenis meja, atlet lari 5 km, Bola voli dan juga Mini soccer atau futsal,” ungkap Erwin.

Erwin juga mengatakan bahwa kerjasama antar SKPD sampai saat ini berjalan dengan baik maupun kerjasama antara pihak kecamatan yang menjadi peserta umum terlihat antusias mengikuti perlombaan pada ajang Bupati Bartim CUP I 2024.

“Saya sangat mengapresiasi untuk SKPD karena peran SKPD dari dinas-dinas pemerintah itu sangat berperan aktif menunjang kita, hanya ada beberapa kendala di proses pendaftaran yang memang kita membuat skema pendaftaran tersebut peserta umum harus mendaftar melalui Kecamatan masing-masing. karena kenapa tidak melalui sekretariat KONI kita ingin melibatkan semua pihak,” jelas Erwin.

Lebih lanjut dikatakan Erwin, artinya Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan itu dilibatkan sehingga olahraga di Barito Timur ini bisa berjalan sama-sama. Namun dari 10 Kecamatan di kabupaten Barito Timur untuk 9 Kecamatan Saya rasa sampai detik ini tidak ada permasalahan.

“Hanya ada beberapa kendala di kecamatan Dusun Timur, yang mana kita tahu Dusun Timur berada di ibukota Kabupaten. Kita tidak mengerti seperti apa kondisinya, apakah peserta yang sangat membeludak mendaftar melalui Kecamatan, hanya seperti seolah-olah dibatasi dan kita pun komunikasikan melalui Kecamatan namun sampai detik ini pun masih ada peserta yang terkendala di kecamatan tersebut dengan menyampaikan bahwa pihak peserta diarahkan ke sekretariat, kemudian ada menyampaikan ditolak kemudian berbicara bahwa tidak ada anggarannya di Kecamatan. Saya rasa berharap Kecamatan cukup bijak seperti Kecamatan yang lain,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia berharap para peserta lebih mengutamakan sportif dalam perlombaan dan mengikuti aturan yang sudah disiapkan oleh Panitia.

“Kami sangat berharap, yang pertama adalah ini awal kita membawa perubahan untuk olahraga kita lebih maju karena itu melibatkan semua pihak. Kemudian berharap peserta itu secara sportif dan memenuhi segala syarat ketentuan yang telah disiapkan, artinya ketika tidak memenuhi syarat ketentuan peraturan, kita mohon maaf akan tegas. Karena itu saya berharap peserta dapat mengikuti apapun aturan ketentuan yang sudah disiapkan panitia,” tegas Erwin.

Sebelumnya, dalam komunikasi melalui pesan media sosial WA, PJ Bupati Barito Timur Indra Gunawan menyampaikan bahwa Pemkab Barito Timur mengapresiasikan kinerja panitia dan berharap pelaksanaan kejuaraan olahraga ini berjalan lancar dan sukses. Menurutnya konsep perencanaan dan ide pemikiran panitia ini luar biasa, yang dalam pelaksanaan nantinya semua pihak akhirnya terlibat ikut serta.

“Saya telah mengarahkan ketua panitia untuk berkoordinasi dengan Pemkab Bartim melalui asisten 1 dan 3 untuk bersama-sama melaksanakan acara ini. Saya tidak hanya memberikan kepercayaan, tetapi keleluasaan KONI Barito Timur, panitia penyelenggara dan para pelaku olahraga untuk aktif bersama-sama memajukan olahraga di Kabupaten Barito Timur,” ujarnya.

Pj juga mengharapkan semoga pelaksanaan kejuaraan olahraga Bupati Barito Timur Cup I ini sukses dan mari seluruh pihak bersama-sama mendukung serta ikut serta berpartisipasi terlaksananya kejuaraan ini, tutup Pj Bupati Barito Timur. (B)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889