METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pj. Bupati Barsel, Lisda Arriyana Melakukan Penanaman Perdana Padi Biofortifikasi Di Sawah Rubang

Wednesday, 11 January 2023 | 4:04 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 3

Buntok, (METROKalteng.com) – Dalam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Penjabat Bupati (Pj) Barsel Lisda Arriyana melakukan Penanaman perdana Padi Biofortifikasi, bertempat di persawahan Rubang Kelurahan Buntok Kota Kecamatan Dusun Selatan, Buntok (11/1/2023).

Dalam sambutannya Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana mengatakan, stunting merupakan permasalahan serius yang perlu ditangani secara konvergen oleh semua pihak. Maka dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Barito Selatan dilakukan intervensi spesifik berupa pemenuhan gizi yang seimbang untuk para calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan balita salah satunya kegiatan kita pada hari ini.

“Ini merupakan salah satu program yang memanfaatkan sumberdaya lokal termasuk bahan pangan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas gizi masyarakat sebab Padi biofortifikasi sebagai salah satu inovasi memperbaiki mutu gizi beras melalui kandungan zat gizi diantaranya dan zat minera, untuk mengatasi kondisi stunting,” kata Lisda.

Menurut Lisda, selain terpenuhinya kebutuhan gizi anak stunting, ibu hamil atau ibu menyusui dan keluarga risiko stunting, salah satu fokus pembangunan adalah pencegahan stunting agar anak tumbuh opitmal dan maksimal sehingga kelak menjadi SDM yang handal.

Sementara itu Kepala Dinas Keahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan, Ida Safitri mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan lahan untuk program penanaman padi biofortifikasi di Barsel sebanyak 100 hektar.

“Untuk persawahan Rubang Kelurahan Buntok Kota Kecamatan Dusun Selatan ini awalnya kita menanam di lahan 1 hektar oleh kelompok tani Nansarunai dengan total lahan persawahan 8 hektar, kemudian akan dilanjutkan ke kecamatan Dusun Hilir,” papar Ida.(Red/DNR)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889