METROKalteng.com
NEWS TICKER

Ketua DPRD Bartim Hadiri Penyerahan LHP Dari LKPP Dan Ikhtisar Hasil Semester II Tahun 2023

Tuesday, 9 July 2024 | 11:21 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 0

Jakarta, (METROKalteng.com) – Ketua DPRD Barito Timur, Nursulistio, menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Semester II Tahun 2023, di Jakarta Convention Center, Senin (08/07/24).

Ketua DPRD Barito Timur, Nursulistio, mengatakan, bahwa dirinya banyak mendapat arahan dan bimbingan dari Presiden dalam kegiatan tersebut. Salah satunya Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari BPK RI terhadap pengelolaan keuangan negara.

“Karena kita telah diberikan kewenangan. Untuk itu, harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” kata Nursulistio kepada wartawan ini melalui sambungan via whatsapp, Selasa (09/07/24).

Selain itu, kata Nursulistio, Presiden juga berpesan kepada pemerintah daerah agar mengutamakan kepentingan masyarakat sebesar-besarnya, dan kesejahteraan masyarakat.

Nursulistio juga mengapresiasi atas raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atau BPK RI atas pelaporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN dari tahun 2016 sampai dengan 2023.

“Bapak Presiden menegaskan bahwa Opini WTP itu bukan prestasi, tetapi itu adalah opini yang diberikan BPK dan sudah seharusnya memang penyelenggara negara mulai pusat dan daerah menggunakan keuangan negara itu dengan sebaik-baiknya, yang mana setiap tahunnya di audit dan diperiksa oleh BPK,” jelas Nursulistio.

Sementara itu, Presiden RI, Ir. Joko Widodo, menekankan kepada seluruh Kepala Daerah untuk bisa menggunakan APBD dengan sebaik-baiknya.

“APBD ini merupakan uang rakyat. Jadi kita harus pergunakan dengan sebaik-baiknya, mengedepankan program-program yang memprioritaskan kepada masyarakat dan tentunya berdampak kepada mereka,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden juga meminta kepada setiap daerah untuk terbuka dan transparan terkait pengelolaan keuangan.

“Karena untuk menjadikan Indonesia Emas Tahun 2045, harus menguatkan pondasi keuangan negara kita,” jelas Presiden Joko Widodo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden RI, KH Ma ruf Amin, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Maju, yakni Menko Perekonomian Air Langga Hartanto, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menko Polhukam Hadi Thahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menkop UKM Teten Maskudi, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Mendagri Tito Karnavian, Menpora Dito Ariotedjo, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono dan lainnya.

Turut hadir Ketua Lembaga/Instansi diantaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan seluruh Gubernur, Pj Gubernur dan Bupati/Walikota serta Pj Bupati dan Pj Waliota seluruh Indonesia. (Zi/P/B)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889